WISATA CURUG CILEMBER

WISATA CURUG CILEMBER
CURUG CILEMBER

Wisata Curug Cilember terdapat di sebuah desa yang berada di Cisarua, Puncak, Jawa Barat. Salah satu tujuan wisata yang terkenal di daerah ini adalah wana wisata Curug Cilember. Curug adalah bahasa sunda yang artinya air terjun.

-Curug Cilember

Di Curug Cilember, anda akan menghadapi tantangan untuk bisa mengunjungi tujuh buah air terjun yang ada di kawasan ini dengan medan yang semakin sulit. Di mulai dari air terjun ke tujuh yang mudah dicapai, hingga Curug ke satu yang terletak di paling atas.

Dengan hanya menempuh waktu kurang lebih 1,5 – 2 jam dari kota Jakarta, Curug Cilember dapat menjadi pilihan wisata bagi anda yang ingin berekreasi besama keluarga di akhir pekan.

Untuk dapat masuk ke tempat wisata ini, anda diharuskan membeli tiket masuk dengan harga Rp 6.000,- . Bila membawa kendaraan, tiket tambahan yang harus di beli adalah Rp 8.000,- untuk mobil atau Rp 4.000,- untuk motor.

WISATA CURUG CILEMBER
Pondok kayu

-Fasilitas di Curug Cilember

Perjalanan dapat dilanjutkan dengan melewati jembatan cinta, jembatan gantung yang akan bergoyang saat dilewati. Kemudian, anda dapat mencoba Flying Fox di antara tanaman pinus yang ada disini.

Ada juga pondok-pondok kayu yang disewakan untuk tempat bermalam. Harga sewa ini berbeda-beda, tergnatung jenisnya. sewa termahal adalah pondok meranti (3 kamar tidur, dapur, tungku pemanas, water heater) harganya Rp 700.000,- untuk weekday dan Rp 900.000,- untuk weekend .

Bila ingin mencoba suasana yang berbeda, cobalah untuk menikmati acara kamping atau berkemah di ruangan terbuka. Pengelola menyediakan sewa tenda seharga Rp 75.000,- sleeping bag seharga Rp 15.000,- atau perlengkapan lainnya untuk berkemah seperti lampu, genset, matras, atau api unggun.

WISATA CURUG CILEMBER
kamping

-Curug 7 Cilember

Tidak jauh dari pondok penginapan, tibalah anda di curug atau air terjun ke tujuh. Curug ini yang paling ramai, karena terletak paling bawah sehinga mudah diakses. Letak nya hanya beberapa ratus meter dari pintu gerbang masuk.

Curug  ke tujuh dapat melihatnya dari jauh karena ketinggian Curug ini. Banyak pengunjung yang menikmati kesegaran air terjun ini. Mereka mendekati Curug ini untuk mandi di bawah curahan air terjun, berenang di kolam alami hasil penampungan air terjun, atau sekedar berfoto-foto dengan pemandangan air terjun.

Di Curug ini juga kerap kali dijadikan tempat foto prewedding untuk para calon pengantin. Rasa lelah akan terasa hilang saat merasakan percikan air di wajah atau saat mencoba merasakan dingin nya air terjun. Ditambah lagi dengan suasana asli dan indahnya pemandangan Curug ketujuh ini.

WISATA CURUG CILEMBER
Curug Ke Lima

-Dari Curug 7 Hingga Curug 1 Cilember

Curug paling bawah yang terdekat dengan pintu masuk adalah Curug ke tujuh. Lokasinya mudah diakses dengan mudah oleh para pengunjung wana wisata Curug Cilember. Setelah itu, biasanya beberpa orang masih belum puas akan melanjutkan jalan setapak yang licin dan berbatu menuju Curug ke lima.

Sebagian besar pengunjung sudah merasa senang jika mencapai Curug ke lima ini. Curug ke enam belum ada jalan setapak menuju Curug ke enam. Sehingga biasanya pengunjung langsung menuju Curug ke lima setelah mengunjungi Curug ke tujuh.

Namun jika anda berjiwa petualang, anda bisa mencoba untuk mencapai Curug ke empat dengan medan yang semakin sulit dan terjal. Dari Curug ke empat , tidak jauh dari Curug ke lima. Anda juga dapat mencapai curug ke tiga, masih jauh alami karena jarang dikunjungi, mengingat medan perjalanan kaki yang cukup sulit.

 

Leave a Comment