Pengalaman BANTARA

Apa itu BANTARA ?

Pengalaman BANTARA- Bantara adalah organisasi Pramuka yang membuat anak didiknya menjadi dewasa, permberani, dan mempunyai jiwa kepemimpinan.

Pengalaman BANTARA
Balok BANTARA

Penegak BANTARA adalah tinggkatan syarat-syarat kecakapan umum pertama dalam satuan Pramuka Penegak sebelum Penegak Laksana.

 

Golongan pramuka Penegak yang belum menyelesaikan syarat-syarat kecapan umum (SKU) Penegak BANTARA belum dianggap sebagai Pramuka Penegak dan disebut sebagai “Tamu Ambalan” atau “Tamu Penegak”

Hari pertama

Saya dateng ke sekolah untuk melakukan pelatihan BANTARA dengan membawa barang- barang yang diperlukan, di antara nya senter, baju kaos 2 , celana 2, sepatu, slayer, jam tangan ,telur 1, jas hujan, pasir 5 Kg.

Di hari pertama kami  (calon BANTARA) memulai kegiatan, di awali dengan perkenalan dengan kaka pembina. Lalu di lanjutkan materi tentang BANTARA, terus di lanjutkan dengan pengecekan atribut + barang bawaan.

Ketika pemekrisaan barang bawaan saya melupakan sesuatu, yaitu saya lupa membawa pasir seberat 5 Kg. Lalu saya kena hukuman atas kelalaian saya, dan disuruh untuk mengumpulkan pasir seberat 5 Kg.

Peraturan

Sebelum melakukan kegiatan ada beberapa peraturan yang harus di patuhi di antaranya.

1.Selama kegiatan harus memakai atribut lengkap

2.Selalu membawa telur kemanapun pergi

3.Di larang makan/minum kalo belum di perintahkan

4.Perlengkapan yang belum lengkap segera dilengkapi

Itulah peraturan selama kegiatan BANTARA berlangsug ,yang melanggar akan di kenakan hukuman fisik seperti push up , Skot Jump, dan lari keliling lapangan .

Pengalaman BANTARA
Semaphore

Aktifitas Pelatihan Bantara

Di awali kegiatan di pagi hari ialah kami disuruh untuk membuat kelompok, dalam satu kelompok berisi 5-6 orang. Setelah pembentukan kelompok selesai di lanjutkan dengan latihan semaphore.

Ketika selesai melakukan latihan Semaphore di lanjutkan dengan games, game yang di adakan di antaranya, tarik tambang, semaphore, dan menebak sandi morse . Di akhiri kegiatan games ini kelompok saya mendapatkan 2 juara, yang pertama juara 1 menebak sandi morse dan yang kedua tarik tambang.

selesai melakukan games lalu kami melanjutkan ke aktifitas selanjutnya yaitu materi tentang apa penting nya BANTARA ? Setelah selesai materi nya kami peserta didik BANTARA di kumpulkan di lapangan guna memeriksa kembali barang bawaan dan perlengkapan.

Pengalaman BANTARA
Hipwee.com

Jurit Malam

Ketika malam pukul 22:00 kami disuruh untuk istirahat, ketika sedang beristirahat kami kebangun ketika terbangun kami dalam keadaan basah kuyup. Ternyata kami basah kuyup gara kaka-kaka pembinanya .

Setelah kami terbangun pada pukul 02:00 kami di kumpulkan kembali ke lapangan dalam keadaan basah kuyup, lalu kaka-kaka pembinanya mengasih arahan untuk jalan jurit malam. Ketika hendak jurit malam kami di suruh membawa tas dan pasir seberat 5 kg di dalamnya.

lalu di lanjutkan perjalanan menuju lokasi yang sudah di tentukan, dalam perjalan kami akan berhenti di setiap pos , di lakukan beberapa pertanyaan kepada kami. Setelah melewati pos ke 4 dari jumlah 7 pos saya merasa kelelahan karena membawa pasir 5 kg yang di bawa setiap anggota.

latihan fisikSaat yang Menegangkan

Lalu saya berniat untuk membuang pasir itu agar isi tas saya lebih ringan, setelah pos 4 kami menuju lokasi yang sudah di tentukan yaitu kuburan . Di sana kami masih melakukan test diantaranya keberanian, pengetahuan umum, dan agama.

Setelah selesai test di lanjutkan dengan mencari balok Bantara , kami mencari balok BANTARA di sisi kuburan. Alhamdulillah saya mendapakan balok BANTARA nya, lalu kami di suruh kembali ke sekolah melewati pos 5,6,7

Namun sialnya di pos 6 dilakukan pemekrisaan kembali barang bawaan , ketika itu saya ketauan tidak membawa Pasir 5 kg. Ketika itu saat menegang kan karena saya berpikir bahwa kalo melanggar peraturan maka saya akan gagal .

Namun untung nya saya hanya di hukum Push up 50 x + mengendong batu seberat pasir yang saya buang , capek, letih, ngantuk menjadi satu. Kami sampai ke sekolah kembali jam 03:50 lalu kami mempersiapkan untuk shalat subuh.

Ketika selesai shalat subuh telur yang saya bawa pecah , tambah lagi dah masalah nya . Setelah shalat subuh di lanjutkan membaca Al-Qur’an sampai jam 06:00 lalu di lanjutkan kegiatan senam.

Pengalaman BANTARA
upacara pelantikan

Detik-detik Pelantikan

Setelah senam selesai kami sarapan, terus di lanjutkan PBB (Pelatihan Baris Berbaris) setelah selesai di lanjutkan pengecekan balok BANTARA. Di antara kami ada beberapa yang belum mendapatkan BANTARA, lalu di situ keadaan menjadi tegang.

Kaka pembina mulai marah-marah , entah itu akting atau serius tetap saja ngeliat ini kami tegang. Lalu yang belum mendapatkan balok BANTARA di suruh untuk mencarinya di empang dekat sekolah .

Setelah semua mendapatkan balok BANTARA di lanjutkan upacara pelantikan, entah perasaan apa yang ada pada diri saya semua telah tercampur aduk, mulai kesal, emosi, lelah, capek, senang karena telah menyelesaikan semua step demi step pelatihan BANTARA.

Akhirnya saya resmi menjadi BANTARA yang mengurus pramuka laksana untuk adek-adek kelas.

Leave a Comment