November 1, 2016 Ahmadchels 0Comment

Kali ini saya akan menjelaskan Contoh Paragraf eksposisi dan argumentasi. Mungkin banyak pelajar yang bertanya-tanya bagaimana sih cara Buat paragraf Eksposisi/argumentasi ? Apa pengertian dari paragraf Eksposisi dan Argumentasi ?

Sebelum kita melihat contoh nya alangkah baik nya kita menyimak pengertian dari kedua paragraf tersebut untuk mudah di mengerti. Berikut adalah pengertian dari kedua paragraf tersebut ;

Pengertian dan Contoh dari Paragraf eksposisi dan argumentasi

Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi dan Argumentasi
learniseasy.com

1. Paragraf Eksposisi

Pengertian Paragraf eksposisi adalah paragraf atau karangan yang mempunyai tujuan untuk memberikan informasi mengenai sesuatu sehingga bisa memperluas pengetahuan pembaca.

Paragraf eksposisi bersifat Ilmiah/nonfiksi. Sumber karangan paragraf eksposisi ini bisa di peroleh dari hasil pengamatan, penelitian atau pengalaman.

A.) Macam-macam Paragraf Eksposisi

• Eksposisi definisi

• Eksposisi Proses

• Eksposisi Klasifikasi

• Eksposisi ilustrasi

• Eksposisi Perbandingan & Pertentangan

• Eksposisi Laporan

Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi dan Argumentasi
kumpulan-contoh.com

B.) Ciri-Ciri Paragraf Eksposisi

  1. Berupa tulisan yang memberikan pengertian dan pengetahuan
  2. Menjawab pertanyaan tentang apa, mengapa, kapan dan bagaimana
  3. Disampaikan secara sederhana dengan menggunakan bahasa baku
  4. Bersifat netral, dalam artian tidak memihak, dan memaksakan sikap penulis terhadap pembaca
Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi dan Argumentasi
Sarungpreanur.com

C.) Contoh Paragraf Eksposisi

• Contoh Paragraf Eksposisi Definisi

“Bekam atau hijamah ialah sebuah teknik pengobatan yang dilakukan dengan jalan membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh lewat permukaan kulit. menurut pemahaman umum, sebenarnya ia berfungsi untuk membuang darah yang telah rusak atau teroksidasi karena tingginya oksidan dalam tubuh.”

• Contoh Paragraf Eksposisi Proses

“Hingga saat ini, bantuan untuk para korban letusan gunung merapi belum merata. Hal ini bisa disaksikan di beberapa wilayah Sleman. Misalnya, di Desa P. Sampai saat ini, warga Desa P hanya makan singkong. Mereka mengambilnya dari beberapa kebun warga. Jika ada warga yang makan nasi, itu adalah sisa-sisa beras yang mereka kumpulkan di balik reruntuhan bangunan. Keadaan seperti ini menunjukkan bahwa bantuan pemerintah belum merata.”

• Contoh Paragraf Eksposisi Ilustrasi

“Kepemimpinan pengangkut ayah dalam rumah tangga ibarat nahkoda yang mengemudikan kapal. Ayah menjadi kepala keluarga yang bertanggung jawab terhadap anggota keluarga lainnya. Sama seperti nahkoda yang mengemudikan kapal nya. Bila ia mampu mempimpin keluarganya dengan baik maka akan baik pula keluarga itu, sama halnya dengan kagak yang dikemudikan nahkoda.”

• Contoh Paragraf Eksposisi Klasifikasi

“Ada dua jenis tanaman mini. Pertama Tanaman mini asli. Tanaman ini jika ditanam di tanah tidak dapat besar dan jika di taman di pot ia akan makin kecil, mungil dan cantik. Tanaman ini contohnya adalah anthurium dan chrysantium. Jenis judul tanaman mini yang bukan asli mini. Tanaman ini jika dibiarkan tumbuh di tanah ic akan tumbuh besar dan normal seperti biasa. Jika ditempatkan di pot pertumbuhannya akan jadi lambat. Contoh dari tanaman ini diantaranya adalah palem udang, beringin, dan pohon asam.”

Baca Juga Artikel yang bersangkutan : “Contoh Resensi Cerpen

Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi dan Argumentasi
kumpulan-contoh.com

2. Paragraf Argumentasi

Sebelum kita menjelaskan pengertian dari Paragraf argumentasi, kita akan menjelaskan dulu pengertian paragraf itu sendiri. Paragraf adalah bagian dalam suatu karangan yang mengandung satu gagasan pokok atau pikiran utama dan beberapa gagasan penjelas.

Paragraf dapat pula diartikan sebagai suatu kesatuan pikiran yang lebih tinggi atau lebih luas dari kalimat. Paragraf merupakan himpunan dari kalimat kalimat yang berkaitan dalam suatu rangkaian untuk membentuk suatu gagasan.

Pengertian Paragraf Argumentasi, argumentasi berasal dari argumen. Jadi paragraf argumentasi adalah paragraf yang isinya berupa pendapat atau sikap yang disertai dengan alasan-alasan, contoh-contoh dan bukti-bukti yang meyakinkan sehingga pembaca akan membenarkan isi paragraf tersebut.

Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi dan Argumentasi
jokowarino.id

A.) Langkah – langkah membuat paragraf argumentasi

1.Menentukan tema atau topik permasalahan yang akan dibahas,
2. Merumuskan tujuan penulisan,
3. Mengumpulkan data atau bahan. Data itu bisa berbentuk: bukti-bukti, fakta, atau pernyataan yang mendukung.
4. Membuat kerangka karangan.
5. Mengembangkan kerangka karangan yang telah dibuat sehingga menjadi karangan.

Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi dan Argumentasi
atobasahona.com

B.) Contoh Paragraf Argumentasi

1. “Selokan ini sangat kotor. Sampah sampah berserakan di sana sini. Nyamuk senang bersarang dan bertelur di sini karena airnya mengenang. Oleh sebab itu kita harus membersihkan selokan ini supaya air lancar mengalir. Dengan demikian nyamuk tidak akan bersarang dan bertelur di tempat ini.”

2. “Pemakaian bahasa Indonesia di seluruh daerah di tanah air dewasa ini belum bisa dikatakan seragam. Perbedaan dalam struktur kalimat, lagu kalimat, ucapan kalimat terlihat dengan mudah. Pemakaian bahasa Indonesia sebagai bahasa pergaulan, sering dikalahkan oleh bahasa daerah. Di lingkungan persuratkabaran, radio dan tv pemakaian bahasa indonesia belum lagi dapat dikatakan sudah terjaga baik. Para pemuka kita pun pada umumnya juga belum memperlihatkan penggunaan bahasa Indonesia yang terjaga baik. Fakta fakta di atas menunjukkan bahwa pengajaran bahasa Indonesia perlu lebih ditingkatkan.”

Bagaimana ? Sudah paham dari penjelasan di atas ? Itulah pengertian beserta contoh dari paragraf Eksposisi dan Argumentasi, semoga bermanfaat buat kita semua yang telah membaca artikel ini.

Note: Jika belum paham bisa comment di bawah saja nanti kami respawn 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *