September 4, 2016 Ahmadchels 0Comment

MOS di Gunung Salakk
 

                                                                                 Sitabiruni.com

 

 Apa itu MOPD/MOS ?

Masa Orientasi Peserta Didik ( MOPD ), sebelumnya disebut Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MLPS ), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Masa orientasi lazim kita jumpai hampir di tiap sekolah, mulai dari tingkat SMA, SMA, hingga perguruan tinggi. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru.

MOPD dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MOPD juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

MOS di Gunung Salak
eksposkaltim.com

Pengalaman MOS di Gunung salak

Saya dateng telat ketika ingin melakukan kegiatan MOS yaitu ketika di hari kedua. Pada saat sampai di sekolah, saya langsung keruang tempat istirahat, padahal saat itu sedang berkumpul para anggota MOS. Namun karena saya malu saya langsung aja keruang istirahat.

Ketika selesai berkumpul para anggota MOS mereka pada kembali ke ruang istirahat untuk mengganti pakaian, lalu saya langsung bergabung . Di hari pertama kami melakukan perkenalan satu sama lain nya, di saat perkenalan kami juga di bentuk kelompok.

Saya mendapat kelompok 2 yang berjumlah 7 orang, setelah pembentukan kelompok kami mempersiapkan shalat dzuhur. Setelah selesai shalat dzuhur lalu kami di suruh berkumpul bersama kelompok nya masing-masing untuk melakukan pembentukan ketua kelompok.

MOS di Gunung Salak
Packing Barang

Kelakuan Pembina

Setelah selesai membentuk kelompok lalu kami di suruh berkumpul di lapangan, lalu kami di perintahkan untuk lari keluar sekolah lalu balik lagi ke sekolah. Setelah lari kami di suruh untuk nyebur ke empang sekolah, semua anggota MOS mulai menyelamkan diri nya.

Setelah dari empang lalu kami bergegas untuk mandi, setelah selesai mandi kami di suruh untuk membuat yel-yel . Setelah selesai membuat yel-yel kami mempersiapkan untuk shalat ashar, Setelah shalat ashar makan siang  . Lalu sesudah makan siang lalu setiap kelompok di suruh untuk menampilkan yel-yel yang sudah di siapkan .

Setelah menampilkan yel-yel kami di suruh untuk mempersiapkan barang-barang untuk melakukan MOS di Gunung Salak, Saat selesai menyiapkan barang kami di suruh berkumpul untuk mendengarkan arahan Guru untuk kegiatan kedepannya.

Setelah mendapatkan arahan kami menuju barakuda yang telah di parkirkan depan sekolah, kami berangkat dari sekolah pukul 5 sore dan nyampai pukul 18:30. Setelah sampainya kami di Gunung Salak, lalu kami melaksanakan shalat isya dan di jama’ dengan shalat maghrib.

Kerja Kelompok

MOS di Gunung Salak- Setelah shalat maghrib kami melajutkan dengan pembangunan tenda, setiap kelompok mendapat 1 tenda. Lalu kami mendirikan tenda bersama-sama. Setelah mendirikan tenda kami melanjutkan dengan penampilan drama setiap kelompok setelah penampilan drama kami melanjutkan istirahat di malam hari.

Lalu kami bangun pukul 03:30 untuk melakukan shalat tahajjud, setelah tahajjud di lanjutkan shalat shubuh. Seteah shalat shubuh kami sarapan pagi, setelah sarapan pagi kami minum wedang jahe untuk menghangatkan badan. Lalu kami melanjutkan kegiatan pramuka yaitu latihan PBB.

Setelah itu kami melakukan rintangan yang telah di siapkan di antaranya berguling-guling di lumpur, manjat tali, dan berjalan di atas tali. Setelah semua rintangan selesai kami kembali ke tenda untuk membersihkan badan/mandi. Lalu setelah mandi kami bersiap-siap untuk shalat dzuhur.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *