Maret 1, 2017 Ahmadchels 0Comment

Halo guys kali ini gue mau ngasih sedikit informasi mengenai Doodle. Mungkin sebagian dari kita tidak mengetahui apa itu Doodle. Sebelum kita menjelaskan lebih detail nya mari kita mengetahui apa arti dari Doodle itu sendiri. Tema untuk membuat Doodle itu  sendiri ada 4 yaitu, tema bunga, tema suara, tema nama, tema hewan. Cara membuat doodle art itu sendiri mudah-mudah sulit.

Maksud nya apa ? Maksudnya adalah, mudah jika sudah terlatih, atau sudah sering mencoba. Namun kalau baru pertama kali atau belum pernah nyoba sama sekali kemungkinan hasil dari gambar Doodle art kita akan kurang maksimal. Nah maka dari itu kita tidak usah berkecil hati dan pantang menyerah, oleh karena itu artikel ini dibuat guna membantu teman-teman mencari tahu informasi mengenai doodle art secara lengkap, walau tidak seluruh informasi nya saya kupas. Tapi setidaknya hal yang mendasar saya akan beritahukan kepada anda. Berikut adalah penjelasan nya :

Apa Itu Doodle ?

Apa itu Doodle

Doodle itu artinya Mencoret. Nah jadi semua hal yang berkaitan dengan coret mencoret entah di kertas, buku, atau dinding itu disebut Doodle. Doodle art itu termasuk ke dalam kategori Freehand Art. Pernah Nulis nama atau gambar bentuk yang gak jelas ketika di dalam kelas ? Tanpa di sadari ketika kita mencoret-coret gambar di atas kertas itu disebut doodle. Doodle itu sendiri memiliki ciri khasnya Spontan.

Penjelasan Dasar Doodle

Banyak dari kita yang menanyakan :

  1. Kenapa doodle biasanya berbentuk monster-monster ?
  2. Katanya dilakukan secara spontan kok di bentuk dulu pola nya pake pensil ?
  3. Pulpen apasih yang menghasilkan gambar yang bagus ?

Nah berikut adalah Jawaban nya :

  1. Oke untuk pertanyaan pertama memang tidak ada yang pernah ngejelasin secara spesifik dari bentuk doodle itu sendiri. Namanya juga Freehand Art artinya Kebebasan tangan (Bisa gambar apa saja). Dan dapat kita konsep seperti apa saja tergantung keinginan si pembuat. Dari sebagian besar di antara kita banyak yang menyimpulkan dan beragumentasi sendiri bahwasanya doodle Art itu gambar yang berisi Monster-monster lucu, Itu salah ! Karena, sebenarnya doodle itu sudah ada sejak jaman purba dahulu kala yang dibuat berbagai macam bentuk.
  2. Lalu kita lanjutkan ke pertanyaan kedua, menurut doodle master Lei melendres Doodle memiliki 3 Type:
  • Type pertama, Unplanned doodle : Ini definisi doodle yang sesungguhnya. Seperti yang di atas tadi, di lakukan secara Spontan nggak paka pola atau sketch terlebih dahulu jadi bersifat real.
  • Type Kedua, Semi Unplanned Doodle : Maksudnya semi disini, dilakukan menggunakan sketch terlebih dahulu, tapi cuma sekedar sketch, nggak pake sekalian sama detailnya.
  • Type ketiga, Planned Doodle: Nah, biasanya kebanyakan doodler sih lebih memilih ke yang ini, supaya lebih terkonsep dan nggak salah-salah kalo buat. Apalagi kalo ada commission, wajib pake type ini biar gak salah, dan biasanya jika menggunakan type seperti ini maka hasil gambar nya pun akan lebih sempurna dan bagus.
  1. Semua jenis pulpen dapat digunakan. Pulpen jenis pilot pun bisa, biasanya doodler menggunakan pulpen ini dari pada menggunakan drawing pen. Biasanya sih drawing pen merek Snowman, Artline, atau Unipin yang biasa saya pakai. Untuk sketchbook biasanya make kiki. Karena kalau menggunakan sketchbook itu tintanya nggak bakal lumer.

Sejarah Doodle Art

Doodle art sebenarnya sudah ada dari dulu. Namun mulai terkenal lagi ke permukaan dan dikenal oleh banyak orang karena banyak orang yang membuatnya dengan ide dan karya yang bagus dan indah untuk di pandang. Doodle sudah ada sejak zaman purba, dimana manusia purba itu membuat dan melukis di dinding gua.

Dimana pada saat itu mereka melakukan doodling digunakan sebagai media penyimpan suatu cerita yang pernah di alami pada zaman dahulu kala. Dan pada saat ini, Doodle Art menjadi lebih berkembang dengan bentuk serta ide-ide baru yang membentuk abstrak dan unik namun mempunyai makna dan pesan tersendiri yang lahir dari pembuatnya.

Alat – Alat, bahan, atau Perlengkapan Untuk Menggambar Doodle Art

Perlengkapan menggambar

Nah sekarang saat nya untuk mempersiapkan segala sesuatu nya untuk memulai mengapresiasikan segala inspirasi dan imajinasi dalam pikiran kita kedalam sebuah lembaran kertas. Namun sebelum kita memulai dalam proses pembuatan Doodle Art, alangkah baiknya kita menyediakan segala peralatan yang sekiranya sangat dibutuhkan dalam proses pembuatan Doodle art yang bagus nan indah.

Sebenarnya dalam belajar memulai menciptakan suatu karya gambar Doodle itu tidak memerlukan peralatan yang khusus, cukup dengan sebuah pensil, penghapus, Buku Sketch / Buku gambar, dan sebuah stabilo hitam atau warna lainnya jika gambar yang kita inginkan lebih berwarna dan bagus.

Namun jika kalian ingin gambar yang dihasilkan menyerupai dari seorang profesional grafis Doodle Art ini, kamu juga perlu menyiapkan peralatan khusus untuk Doodle Art Misalnya :

  • Pensil
  • Penghapus
  • Penggaris
  • Buku Sketsa
  • Tinta Pena
  • Spidol Marker
  • Stabilo
  • Pulpen
  • Pensil warna dan juga cat air

Itulah beberapa peralatan khusus yang perlu kalian persiapkan untuk belajar menjadi seorang profesional di bidang desain grafis “Doodle Art” ini. Setelah kalian menyiapkan semuanya itu, sekarang saat lah untuk kalian mempraktekan nya dan memulai belajar membuat Doodle Art.

Membuat Doodle dengan Tema

doodle tema

Disaat kita hendak membikin gambar doodle art maka kita tentukan dulu seperti apa tema yang akan kita buat. Kalian dapat mencoba beberapa teknik menggambar sesuai dengan karakter gambar tertentu . Dibawah ini adalah beberapa tema doodle art yang dapat kalian pelajari dan coba.

1. Membuat Doodle dengan Tema Bunga

Bunga merupakan objek favorit dalam pembuatan doodle art. Hal ini dikarenakan objek bunga yang terlihat cukup sederhana dan menarik. Dibawah ini beberapa tips yang bisa kalian lakukan dalam pembuatan gambar doodle art bertema bunga :

  • Pertama gambar sebuah vas terlebih dahulu. lalu, disambung dengan  menggambar sebuah bunga kesukaanmu di dalam gambar vas tersebut.
  • Kedua, gambarlah taman yang dihiasi dengan bunga-bunga yang menarik.
  • Ketiga, gambarlah beberapa tangkai bunga matahari yang sedang disinari oleh cahaya matahari.
  • keempat, gambarlah bunga mawar beserta bagian kelopaknya secara detail.
  • kelima gambarlah setangkai bunga daisy. Jangan lupa untuk menuliskan beberapa kata di setiap area kelopaknya.
  • Terakhir, gambarlah bunga kesukaanmu beserta nama-nama seseorang terdekat mu atau bahkan nama mu sendiri.

2. Membuat Doodle dengan Tema Nama

Untuk pemula, membuat coretan berupa nama bukanlah hal yang sulit kamu bebas menggunakan nama mu sendiri atau nama orang lain. Di bawah ini beberapa ide yang dapat kamu pelajari terkait dengan pembuatan doodle berupa nama.

  • Tulislah nama ke dalam jenis font yang beraneka ragam.
  • Tulislah nama mulai dari ukuran ter kecil, lalu setiap nama berikutnya barulah ukurannya di perbesar.
  • Tulislah sebuah nama dengan beragam variasi singkatan. Misal Ahmad Abdul Dzaki, bisa di tulis Ahmad, A.D. dan seterusnya.
  • Tulislah nama ke dalam ukuran besar. Lalu disainlah dengan beragam objek yang ada dipikiran mu.
  • Tulislah nama dalam sebuah gelembung, kemudian gambarlah beberapa gelembung sabun di sekitar nama tersebut.

3. Membuat Doodle dengan Tema Suara

Doodle Art tidak hanya bisa dinikmati melalui mata saja. Bahkan dengan suara yang kita dengar pun bisa menjadi ide tersendiri buat dituangkan kedalam kertas, dan menjadi sebuah karya Seni doodle art. Beberapa inspirasi dibawah ini mungkin dapat kamu coba praktekan pada saat proses pembuatan gambar doodle art bertema suara.

  • Gambarlah karakter seseorang yang sedang berbincang dengan temanmu se kreatif mungkin
  • Cobalah menggambarkan beberapa tokoh sejarah terkenal ataupun bentuk tanaman dan planet yang pernah dijelaskan oleh gurumu atau buku yang pernah kalian baca.
  • Ketika menggambarkan sebuah lagu, gambarlah apa saja yang ada di pikiranmu, entah itu lagu cinta, galau, atau lagu yang bersifat bahagia dan mengangkat mood.

4. Membuat Doodle Tema Hewan

Ide paling menyenangkan dan paling bagus kalau menurut saya adalah tema ini, sebab selain hasil gambar yang kemungkinan lebih baik, bagus,  dan unik, tema ini juga salah satu tema yang bersifat mudah untuk dilakukan. Karena hampir seluruh orang di dunia ini mencintai binatang, entah itu jenis apa. Jika kalian ingin membuat gambar doodle art dengan tema ini maka anda dapat mempraktekan dengan langkah-langkah berikut :

  • Gambarlah hewan peliharaan mu atau hewan kesukaanmu ketika saat mereka sedang berpose atau menampilkan ekspresi lucu.
  • Gambarlah hewan biasa dengan berbagai perubahan menjadi seekor monster. Misal, gambar anak kelinci yang mana mata  ya dirubah menjadi warna merah.

Baca Juga : 25+ Kumpulan Gambar Hello Kitty Beserta Kisah Seram nya 

Kumpulan Gambar Doodle Pilihan ( Galeri Doodle ) :

Gambar Doodle Nama Orang atau Pacar

Doodle Name atau nama

Gambar Doodle Huruf

Doodle huruf atau abjad

Gambar Doodle Angka

Doodle angka atau nomer

Gambar Doodle Tulisan

Doodle tulisan

Gambar Doodle Art Ucapan Selamat Ulang Tahun

Doodle Art Ucapan Selamat Ulang Tahun

Gambar Doodle Art Simple

Doodle art simple

Gambar Doodle Lucu

Doodle lucu

Gambar Doodle Sederhana

Doodle sederhana

Gambar Doodle Art Mudah

Google art mudah

Gambar Doodle Art Keren

Doodle art keren

Gambar Doodle Bagus

Doodle bagus

Gambar Doodle Klasik

Doodle Klasik

Gambar Doodle Art 3D

Doodle Art 3D

Gambar Doodle Art Bunga

Doodle art bunga

Gambar Doodle Art Terbaik

Doodle art terbaik

Gambar Doodle Berwarna

Doodle Art Berwarba

Gambar Doodle cute monster

Doodle cute monster

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *