September 21, 2016 Ahmadchels 1Comment

Keutamaan bulan ramadhan – Telah diwajibkan kepada umat islam untuk berpuasa sebulan penuh pada bulan Ramadhan. Bulan kesembilan pada penanggalan Hijriah ini memiliki banyak keutamaan bagi umat Islam, bahkan beberapa menyebutnya bulan seribu bulan.

Keutamaan Bulan Ramadhan

Khusus pada bulan Ramadhan ini, amal kebaikan umat Islam akan dibalas dengan berkah pahala yang berlipat ganda. Bahkan bila kita menjalani puasa dengan sempurna, kita akan bersih dari dosa seperti bayi yang baru lahir kembali.

Maka kita sebagai umat muslim sudah seharusnya tidak melewatkan bulan Ramadhan dengan kegiatan yang sia-sia, agar lebih termotivasi menjalani bulan puasa dan lebih memahami makna bulan Ramadhan itu sendiri.Mari kita ketahui bersama apa saja sih keutamaan-Keutamaan bulan ramadhan ?

Keutamaan Di Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

1. Bulan di Turunkan nya Al-Qur’an

Keutamaan bulan ramadhan yang pertama adalah bulan di turunkan nya Al-Qur’an. Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana kitab suci umat Islam (Al-Qur’an) pertama kali diturunkan, sesuai dengan (QS.Al-Baqarah) yang artinya:

“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan permulaan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil) “.

2. Amal Sholeh yang Berlipat Ganda

Sebagai umat Islam yang menjalankan amalan sholeh dan kewajiban seorang muslim pada bulan Ramadhan akan mendapatkan balasan berlipat-lipat ganda, sampai 70 kali lipat sebagaimana terdapat dalam hadist:

Khotbah Rasulullah SAW pada akhir bulan Sa’ban  “Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaung. Bulan yang didalam nya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan, bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa, dan di sunnah kan Qiyamullail .

Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya.

Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya.

Keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

3. Bulan Penuh Berkah

Pada bulan puasa seorang muslim berkesempatan untuk kembali ke jalan yang baik dan mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan . Maka bila seorang muslim pada bulan puasa saja tidak juga memanfaatkan kesempatannya, maka sangat rugi baginya. Seperti hadist dibawah ini :

“Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kamu berpuasa, karena dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, dan dibelenggu syaitan-syaitan, serta akan dijumpai suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan. Barang siapa yang tidak berhasil memperoleh kebaikannya, sungguh tidaklah ia akan mendapatkan itu untuk selama-lamanya.” [HR.Ahmad, An-Nasa’I, dan Baihaqi].

4. Ramadhan Bulan pengampunan Dosa

Pada bulan Ramadhan juga seorang muslim berkesempatan untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya, bahkan ibadah yang sempurna pada bulan puasa akan menjadikan seorang muslim suci kembali bagaikan bayi yang baru lahir. Sesuai hadist berikut:

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” [HR.Bukhari]

“Shalat yang lima waktu, dari jum’at ke jum’at , dan Ramadhan ke Ramdhan, merupakan penghapus dosa di antara mereka, jika dia menjauhi dosa-dosa besar.” [HR.Muslim]

Keutamaan di Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam
Ilustrasi Pintu surga

5. Pintu Surga Dibuka, Pintu Neraka Ditutup

Selebar-lebarnya pintu untuk kembali ke jalan yang lurus pada bulan Ramadhan dibuka bagi umat Islam. Sesuai Hadist dibawah ini:

“Jika datang Ramdhan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan syetan dibelenggu.” [HR.Muslim]

6. Bulan yang Mendidik untuk Mencapai Ketaqwaan

Menahan haus, lapar dan amarah merupakan jalan menuju sifat-sifat sabar yang takwa. Itulah mengapa berpuasa sebulan penuh pada Ramadhan dapat membimbing umat islam mencapai ketakwaan. Sesuai surat di dalam Al-Qur’an yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu agar kamu bertakwa” [QS.Al-Baqarah 183].

7. Terdapat Malam Lailatul Qadar

Keutamaan bulan ramadhan yang terakhir adalah malam 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan merupakan waktu-waktu yang diantaranya terdapat malam Lailatul  Qadar, dimana malam tersebut baik diisi doa-doa yang baik dan mukjizat dapat turun pada umat islam pada malam Lailatul Qadar tersebut. Sesuai surat di dalam Al-Qur’an:

“Sesungguhnya kami telah menurunkan (Al-Qur’an) pada lailatul Qadar (malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” [QS.Al-Qadr 1-3]

Keutamaan Di Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar 

“Sesungguhnya kami telah menurunkan nya (Al-Qur’an) pada malam kemulian. Dan tahukah kamu apakah malam kemulian itu ? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat jibril dengan izin tuhan nya untuk mengatur segala urusan. Mala itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” [QS.Al-Qadr:1-5]

Surat Al-Qadr adalah surat ke-97 menurut urutannya di dalam Mushaf. Para ulama Al-Qur’an menyatakan bahwa ia turun jauh sesudah turunnya surat Iqra tetapi tersimpan rahasia di balik urutan tersebut sehingga antara kedua surat tadi (Al-Qadr dan Iqra) ada keserasian-keserasian yang mengagumkan.

Kalau dalam surat Iqra, Nabi SAW di perintahkan untuk membaca Al-Qur’an, maka wajarlah jika surat sesudahnya adalah surat Al-Qadr yang berbicara tentang turunnya Al-Qur’an dan kemulian malam yang terpilih sebagai malam nuzul Al-Qur’an.

Keutamaan Malam Lailatul Qadr

Syaikh Al-Allamah Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah mengatakan : “Dalam surah yang mulai ini terdapat beberapa keistimewaan Lailatul Qadr sebagai berikut:

  • Allah menurunkan pada malam tersebut kitab suci Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan  kunci kebahagian mereka di dunia dan di akhirat.
  • Allah mengagumkan dengan bentuk pertanyaan “Dan tahukah kamu, apa Lailatul Qadr itu ?”
  • Malam itu lebih baik dari pada seribu bulan.
  • Para malaikat turun pada malam tersebut dengan membawa kebaikan, rahmat barakah.
  • Malam itu disebut “Salam” (Malam Kesejahteraan) karena banyak hamba Allah yang selamat dari siksaan di sebabkan ketaatannya kepada Allah.

Allah menurunkan tentang keutamaan Lailatul Qadr dalam sebuah Al-Qur’an yang akan dibaca sepanjang masa hingga kiamat tiba.”

Kita bisa membayangkan seribu bulan yang kurang lebih sebanding dengan 83 (delapan puluh tiga) tahun, padahal umur manusia sedikit sekali yang melebihi itu. Nabi SAW bersabda:

“Umur umatku antara enam puluh hingga tujuh puluh. Yang melebihi (umur) itu sangat sedikit sekali. (Hasan. Riwayat Tirmidzi 2/272, Ibnu Majah (4236) dan dibenarkan Ibnu Hajar dalam Fathul Bari 11/240 dan Al-albani dalam as-Shahihah no 757)

Itulah penjelasan dari Keutamaan bulan ramadhan bagi umat islam, terimakasih yang telah mengshare artikel ini ke orang lain melalui FB atau Google+. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua .

One thought on “Keutamaan Di Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

  1. Subhanallah jadi itu Keutamaan yang berada di dalam bulan ramadhan , Makasih atas info nya. semoga orang lain dapat informasi yang bermanfaat ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *