Ikan Arwana salah satu Jenis Ikan Hias Termahal

Jenis Ikan hias termahal – Ikan arwana termasuk dalam salah satu ikan yang populer di kalangan para pecinta ikan hias, ikan ini mempunyai daya tarik yang sangat kuat bagi para pecinta ikan hias. Karena ikan ini mempunyai warna sisik yang sangat cantik.

Selain itu terdapat sebuah mitos dari masyarakat bahwa siapa yang memelihara ikan arwana, maka rezeki nya akan di mudahkan dan dilancarkan . Selain mitos yang beredar mengenai ikan arwana, ikan arwana juga termaksud ikan arwana salah satu jenis ikan hias termahal.

Ikan Hias Yang Memiliki Nilai Jual

Ikan panjang dan berwarna cerah ini cenderung stabil harganya. Dari dulu sampai sekarang tidak ada lonjakan dan penurunan harga. Saat ini ikan arwana menduduki ikan termahal versi Ikan hias. Harga ikan Arwana yang sudah dewasa bisa mencapai 1 juta keatas tergantung jenis dan kualitas nya.Beberapa jenis ikan Arwana sudah sangat populer di Indonesia dan tidak jarang para kolektor ikan hias memiliki ikan arwana.

Namun masih banyak yang belum mengetahui jenis-jenis ikan arwana. Ikan arwana ini memang sangat cantik dan mempunyai banyak jenisnya. Berikut ini merupakan beberapa jenis ikan arwana yang mungkin belum kamu lihat sebelumnya. Ikan Arwana salah satu Jenis Ikan Hias Termahal, berikut 7 jenis ikan arwana yang ada di Indonesia.

1. Ikan Arwana Silver

Ikan Arwana salah satu Jenis Ikan Hias Termahal

Ikan arwana silver merupakan jenis ikan arwana yang paling sering kita jumpai. Karena jenis ikan arwana yang satu ini biasanya di jual dengan harga yang terjangkau.

Ikan yang biasa di sebut juga ikan arwana Brazil ini mempunyai bentuk tubuh yang sangat berbeda dengan jenis ikan arwana lainnya. Ikan arwana yang habitat aslinya di Brazil ini mempunyai bentuk tubuh dan  sirip panjang.

Warna tubuhnya didominasi dengan warna abu-abu yang di lapisi dengan warna mutiara. Sedangkan, warna sirip nya berwarna abu-abu yang sedikit lebih gelap jika dibandingkan dengan warna di tubuhnya.

2. Ikan Arwana Banjar

Ikan Arwana salah satu Jenis Ikan Hias Termahal

Ikan arwana banjar merupakan jenis ikan yang mempunyai bentuk kepala yang membulat dengan mulut. Ikan arwana ini bisa disebut sebagai varietas dari arwana merah tingkat dua dan diketahui bukan dari strain murni ikan arwana merah.

Ikan ini memiliki warna sirip oranye pucat, ekornya berwarna kuning atau oranye. Jika dilihat secara sepintas, ikan arwana banjar ini mirip dengan ikan arwana merah muda.. Sehingga, para hobi baru tidak jarang terkecoh dengan kemiripan yang dimiliki keduanya.

3. Ikan Arwana Irian

Ikan Arwana salah satu Jenis Ikan Hias Termahal

Ikan arwana Irian merupakan varietas ikan arwana yang cukup unik. Ikan arwana yang biasa disebut juga jardini arwana, ikan ini mempunyai warna dasar hitam kecokelat-cokelatan dengan binti-bintik keemasan pada bagian tengah sisik nya, bagian kepala, bagian sirip, dan bagian ekornya.

Ikan arwana ini sebenarnya berasal dari Australia. Namun, ikan ini lebih sering ditemukan di sekitar sungai kabupaten Merauke sampai provinsi papua. Oleh karena itu, ikan arwana jenis ini disebut juga ikan arwana Irian.

4. Ikan Arwana Merah

Ikan Arwana salah satu Jenis Ikan Hias Termahal

Ikan arwana merah atau super red arwana merupakan ikan arwana yang berasal dari Indonesia. Ikan ini lebih mudah ditemui di daerah kalimantan barat seperti di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum.

Namun, saat ini ikan jenis ini sangat mudah ditemui karena ikan jenis ini banyak di kembang biakan oleh para breeder arwana.

Ikan arwana merah mempunyai empat varietas yaitu merah cabe (Chilli Red), merah oranye (Orange Red), merah darah (Blood Red), dan merah emas (Golden Red). Keempat varietas tersebut dinamakan super red arwana atau ikan arwana merah tingkat pertama.

Meskipun, dalam perkembangannya yang dimaksud dengan super red arwana lebih cenderung mengacu pada warna merah cabe dan merah darah. Sedangkan, warna merah oranye dan merah emas disebut super red tingkatan paling rendah.

5. Ikan Arwana Golden Pino

Ikan Arwana salah satu Jenis Ikan Hias Termahal

kan arwana golden pino merupakan ikan arwana yang dapat kita temukan di beberapa negara asia, antara lain: Indonesia (tepatnya di daerah Kalimantan), Malaysia, Kamboja, dan Thailand.

Ikan arwana yang biasa disebut juga arwana hijau ini mempunyai warna pada badan lebih dominan warna hijau semi perak, sirip ekor mempunyai warna kombinasi antara abu-abu kehijau-hijauan dengan bentuk kepala dan mulutnya lebih besar dan membulat jika dibandingkan dengan ikan arwana jenis lainnya.

6. Ikan Arwana Black Golden

Ikan Arwana salah satu Jenis Ikan Hias Termahal

Ikan arwana black golden merupakan ikan arwana yang dapat kita temukan di daerah Malaysia seperti daerah bukit merah, johor, trengganu, dan perak. Ikan black golden ini merupakan salah satu varietas dari ikan arwana golden.

Warna ikan jenis ini sesuai dengan namanya yaitu mempunyai warna emas yang dibalut dengan sisik tebal yang berwarna hitam. Ikan jenis ini sulit sekali untuk didapatkan.

Sehingga, ikan arwana golden black ini harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis ikan arwana lainnya.

7. Ikan Arwana Afrika

Ikan Arwana salah satu Jenis Ikan Hias Termahal

Ikan arwana afrika merupakan ikan arwana yang berasal dari daerah afrika bagian timur, seperti kamerun, senegal, dan gambia. Ikan arwana jenis ini mempunyai bentuk tubuh yang hampir menyerupai ikan arwana silver.

Namun, terdapat sedikit perbedaan antara ikan arwana afrika dengan ikan arwana silver yaitu bentuk kepala ikan arwana afrika lebih kecil dibandingkan dengan ikan arwana silver.

Cara Merawat Ikan Arwana

Ikan Arwana salah satu Jenis Ikan Hias Termahal – Ikan arwana pada awal nya berasal dari alam bebas, seperti danau dan sungai. Namun, saat ini banyak pecinta ikan yang merawat ikan arwana di dalam akuarium. Hal ini karena para pecinta ikan ingin menikmati keindahan yang di miliki oleh ikan ini

Merawat ikan di dalam akuarium gampang-gampang susah. Dikatakan gampang jika kita tahu cara untuk merawat ikan arwana di dalam akuarium. Namun, hal ini dikatakan susah jika kita tidak tahu cara untuk merawat ikan arwana di dalam akuarium.

Oleh karena itu, perlu mempelajari terlebih dahulu cara untuk merawat ikan arwana di dalam akuarium. Berikut beberapa tips untuk merawat ikan arwana di dalam akuarium.

Perlengkapan Akuarium

Ikan Arwana salah satu Jenis Ikan Hias Termahal
Pondokair.com

Perlengkapan yang cukup untuk akuarium ikan arwana bisa memberikan rasa nyaman bagi ikan arwana. Oleh karena itu, kamu perlu menyediakan beberapa perlengkapan yang di butuhkan. Perlengkapan-perlengkapan tersebut di antara lain.

1. Aerator

Aerator atau pompa udara berfungsi untuk udara ke dalam akuarium dan membuang udara sisa pernafasan ikan ke luar akuarium. Aerator yang bagus adalah aerator yang mampu mengeluarkan banyak udara, tetapi membutuhkan aliran listrik yang sedikit.

2. Heater dan Thermometer

Heater atau alat pemanas digunakan saat suhu air nya dingin, sedangkan thermometer berfungsi untuk melihat kondisi suhu pada air. Suhu yang ideal untuk air akuarium antara 26-30 Drajat Celcius.

3. Filter

Filter atau penyaring air berfungsi untuk menyaring air agar selalu bersih. Jika tidak menggunakan filter, kamu akan repot untuk membersihkan dan mengganti air pada akuarium.

4. Lampu TL

Lampu TL berfungsi menerangi akuarium sekaligus mempercantik akuarium. Namun, pengguna lampu TL perlu diperhatikan. Karena lampu TL menghasilkan suhu panas yang dapat mempengaruhi kondisi air pada akuarium. Lampu TL yang ideal untuk akuarium berukuran 80 x 40 cm adalah 20 watt.

Selalu Mengontrol Akuarium

Ikan Arwana salah satu Jenis Ikan Hias Termahal
Aquascapeindo.com

Ikan Arwana salah satu Jenis Ikan Hias Termahal – Hal yang perlu untuk dilakukan pengontrolan adalah suhu air, PH air, dan kebersihan air. Pengontrolan suhu air harus dilakukan setiap hari. Gunakan Thermometer untuk mengetahui kondisi suhu pada air.

Jika suhu air akuarium kamu dingin, maka segera nyalakan heater hingga suhu udara kembali normal. Sedangkan PH air yang normal untuk akuarium sekitar 6-8, 5 Jika PH air mengalami penurunan, maka berikan kapur ke dalam akuarium.

Selain itu Perhatikan pula sanitasi air. Berikanlah Malachite green 3 minggu sekali. Pengontrolan air juga sangat penting untuk dilakukan. Biasanya, hal yang sering dilupakan oleh para pecinta ikan arwana adalah mengganti air pada akuarium.

Buatlah jadwal untuk mengganti air pada akuarium agar tetap terjaga kebersihan nya. Penggantian air bisa dijadwalkan dengan menggunakan dua cara. Cara pertama, air akuarium diganti dua hari sekali dengan volume 10% saja dari keseluruhan air yang ada di akuarium.

Cara kedua, air akuarium diganti semuanya dalam waktu tiga bulan sekali. Jika kamu menggunakan air PDAM, air sebaiknya dibiarkan terlebih dahulu selama 24 jam agar khor mengendap.

Penataan Interior Akuarium

Ikan Arwana salah satu Jenis Ikan Hias Termahal
Majalahikan.com

Ikan arwana pada dasarnya hidup di alam bebas, seperti sungai dan danau. Oleh karena itu, jika ingin memelihara ikan arwana di dalam akuarium.

Buatlah akuarium kamu seperti lingkungan yang ada di habitat asli ikan arwana agar ikan arwana kamu nyaman dan tidak stress. Berikut merupakan replika yang diperlukan agar akuarium kamu mirip dengan lingkungan yang ada di habitat asli ikan arwana.

1. Tanaman Air

Ikan arwana biasanya suka bersembunyi di tanaman air jika berada di habitat aslinya. Oleh karena itu, sediakan tanaman air jika kamu ingin merawat ikan arwana di dalam akuarium dengan baik.

2. Pasir Buatan

Pasir berfungsi untuk landasan peletakan batuan. Pasir yang baik untuk akuarium adalah pasir sungai yang masih tercampur dengan humus. Tambahkan juga krikil berwarna dengan ukuran sekitar 3mm.

Berikut adalah video cara merawat ikan arwana dengan baik dan benar.

Itulah penjelasan dari Ikan Arwana salah satu Jenis Ikan Hias Termahal, terima kasih telah berkunjung di website kami, jangan lupa untuk melihat artikel lain tentang mengenai ikan hias. Semoga pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Note: Jangan lupa untuk di like dan Share .

Leave a Comment