Gambaran Surga Menurut Islam

Luar Biasa, Beginilah Gambaran Surga Menurut Islam !

Assalamualaikum WR.WB untuk semua sahabatku yang beriman, kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Seperti apa gambaran surga menurut islam ? Banyak diantara kita yang bertanya-tanya , Seperti apa gambar surga menurut pandangan islam ? Dan banyak orang yang berpendapat secara pikiran liar nya tentang surga. Diantara mereka ada yang menjawab hampir meyerupai dengan pendapat Al-Qur’an dan Hadist, serta ada yang berpendapat melenceng dari agama islam.

Gambaran Surga Menurut Islam Versi Al-Qur’an dan Hadist

Nah oleh karena itu kita jangan pernah menerima mentah-mentah informasi yang tidak ada dasar dari Al-Qur’an dan Hadist. Sebab apabila kita langsung mempercayai segala bentuk informasi dengan asal-asalan maka akan menyebabkan kekeliruan.

Surga ialah bukti yang paling besar bahwasanya Allah sangat menyayangi hamba-hamba nya yang selalu taat dan patuh terhadap nya. Karena hanya hamba yang taat dan patuh yang akan menikmati semua kenikmatan yang ada di dalam surga. Surga tidak pernah dibayangkan dan dilihat serta dirasakan oleh manusia.

Berikut ini adalah sebagian kecil bayangan dari gambaran surga menurut islam :

  • Makanan Serta Minuman yang ada di Surga

Gambaran Surga Menurut Islam
Ilustrasi makanan dan mnuman di surga | blog.lakupon.com

Gambaran Surga Menurut Islam – Menurut imam ahmad berkata : Telah menceritakan kepada kami Miskin bin Abdul Aziz dari ‘Asy’asy Adh-Dharir dari Sahr bin Hausyab dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda :

“Sesungguhnya penghuni Surga yang paling rendah adalah  orang yang memiliki tujuh tingkatan dan tigaratus pelayan yang mendatanginya setiap pagi dan sore dengan membawa tiga ratus piring  yang terbuat dari emas dengan berisi makanan. Bagian awal dan akhirnya sama lezatnya. Mereka membawa pula tigaratus bejana yang memiliki warna yang berbeda-beda. Bagian awal dan akhirnya sama lezatnya.”

Baca Juga : Bagaimana Perayaan Natal Menurut pandangan Islam ?

Jadi penjelasan dari hadist di atas bahwasanya nanti kelak di surga kita akan memiliki tiga ratus pelayan yang selalu siap melayani untuk menyiapkan tiga ratus piring makanan yang berbeda dan pastinya sangat lezat.

Serta menurut Al-Qur’an surat Al-Muthoffifin ayat 27-28 yang berbunyi :

Dan campuran khamar murni itu adalah dari tasnim. (Yaitu) mata air yang minum dari padanya orang-orang yang didekatkan kepada Allah

Jadi pengetian dari potongan surat di atas menjelaskan bahwasanya semua minuman bir dan alkohol di surga dibolehkan. Banyak dari ulama yang menjelaskan bahwa Kelak nanti di akhirat segala sesuatu yang dilarang di dunia maka di bolehkan di akhirat nanti. Kita bisa melakukan apapun yang kita inginkan tanpa ada batasan nya.

  • Pakaian serta Perhiasan yang ada di Surga

Gambaran surga menurut islam
Ilustrasi Perhiasan di surga | http://odnv.co.id

Gambaran Surga Menurut Islam – Dalam Al-Qur’an surat Al-Insan ayat 21 yang berisi :

Mereka memakai pakaian sutra tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat  dari perak, dan Tuhan  memberikan kepada mereka minuman yang bersih.

Jadi kita bisa menyimpulkan bahwasanya kelak di akhirat nanti kita akan diberikan fasilitas dan suatu penghormatan kepada seluruh orang mukmin yang selama hidup di dunia nya selalu bertakwa kepada Allah SWT.

Diriwayatkan oleh Harmalah dari Ibnu Wahb dari Umar, bahwasanya Darraj (Abu Sammah) Menceritakan kepadanya dari Abu Haitsam dari Abu Sa’id AL-Khudri dari Nabi shallallu ‘Alaihi wa Sallam :

Sesungguhnya seseorang di Surga akan bertelekan selama tujuh puluh tahun sebelum ia bergerak. Lalu istrinya  datang kepadanya dan menepuk bahunya, iapun memandangi istrinya dan tampak olehnya mukanya di dahi istrinya lebih jelas daripada cermin. Dan sesungguhnya mutiara yang paling kecil yang dipakai istrinya dapat menerangi apa yang ada di antara timur dan barat. Lalu istrinya menyalaminya dan ia pun menjawab salam  salam itu seraya bertanya : Siapakah anda? Istrinya menjawab: “Akulah tambahan.” Dan sesungguhnya istrinya itu memakai tujuh puluh pakaian, dan pakaian yang paling rendah sama seperti kaca, pandanagannya menembus hingga ia dapat melihat sum-sum istrinya itu dari balik pakaiannya. Dia memakai pula mahkota. Dan mutiara yang paling kecil pada mahkota itu dapat menerangi apa yang ada diantara timur dan barat.

Penjelasan di atas merupakan pertanda bahwa kelak nanti ketika di surga kita akan diberikan segala kebutuhan dan keinginan yang terbaik.

  • Gambaran Bidadari Surga Menurut Islam – Wanita di Surga 

Gambaran surga menurut islam
Ilustrasi bidadari di surga | http://www.greensoul.co.id/

Gambaran Surga Menurut Islam – Dari Abu Bakar bin Abu Syaibah berkata : telah di ceritakan kepada kami Ahmad bin Thariq dari Mis’ adalah bin Ilyasa ‘ dari Sa’id bin Abu ‘Arubah dari Qatadah dari Sa’id bin Musayyab dari Aisyah Radhiyallahu anha, bahwasanya Rasulullah didatangi oleh nenek dari kaum Anshar seraya berkata :

Wahai Rasulullah, doakanlah aku  agar masuk Surga. Maka Rasulullah  bersabda : “Sesungguhnya Surga  tidak  akan dimasuki oleh nenek-nenek. Setelah itu Rasulullah pergi  untuk menunaikan shalat,  lalu Beliau pergi  ke tempat ‘Aisyah . Maka ‘Aisyah  berkata : Wanita tadi telah menemukan kesusahan akibat perkataanmu. Rasulullah bersabda : “Demikianlah keadaanya, sesungguhnya apabila Allah memasukkan mereka ke dalam surga, niscaya akan diubah menjadi perawan.

Penjelasan dari potongan hadist di atas ialah bahwasanya nanti kelak di surga seluruh kaum hawa dan adam akan di penampilannya yang tadi nya sudah tua menjadi muda kembali.

Baca Juga : Kenali 15 Ciri-ciri Syiah Berikut ini untuk Melindungi Keluarga Anda

Qs. Al-Waqi’ah: 22-23 :

Dan di dalam Surga  itu ada bidadari-bidadari yang bermata jeli. Laksana mutiara yang tersimpan baik.

Qs. Al Waqi’ah :35-38

Sesungguhnya kami menciptakan mereka(bidadari-bidadari) dengan langsung. Dan kami jadikan mereka gadis-gadis perawan. Penuh cinta lagi sebaya umurnya.  (Kami ciptakan mereka) untuk golongan kanan

Makna dari penjelasan di atas adalah, bahwasanya Allah SWT akan menjadikan mereka wanita tua renta menjadi wanita perawan semula ketika di surga. Serta rasa cinta suami-suami mereka seperti baru nikah, dan usia-usia mereka menjadi sebaya dengan golongan kanan itu.

  • Di Surga Dapat Melihat Allah SWT ? 

gambaran surga menurut islam
Ilustrasi Tulisan Allah | https://pembukuanilmudebat.wordpress.com

Gambaran Surga Menurut Islam – Muhammad bin Yazid bin Majah berkata di dalam kitabnya ‘kitab sunnah’ : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdul Malik bin Abu Syawarib dari Abu Hashim Al Ibadani dari Al Fadhl Ar-Ruqasyi dari Ibnu Al Munkadir dari Jabi bin Abdullah ra. Bahwasanya Rasulullah bersabda :

Di saat penghuni Surga asyik merasakan kenikmatan yang mereka dapatkan, tiba-tiba muncul cahaya, mereka mengangkat muka-muka mereka, ternyata Allah SWT telah menampakkan wajah-Nya dengan Rahmat-Nya  dari arah atas mereka. Allah SWT berfirman : “Salam atas kamu wahai penghuni Surga.” Lalu beliau bersabda : “Yang demikian itulah makna firman Allah SWT: “(Kepada mereka dikatakan ) salam, sebagai ucapan salam dari Tuhan  Yang Maha Penyayang.” (Qs.Yaasiin(36) : 58)

Penjelasan dari potongan surat diatas menjelaskan bahwa kelak kita orang-orang mukmin dapat melihat wajah raja dari segala raja yaitu Allah SWT.

  • Hubungan Intim di Surga 

Gambaran Surga Menurut Islam – Bazar berkata : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ma’mar dari Abu Abdurrahman bin Yazid dari Abdurrahman bin Ziyad dari Ammarah bin Rasyid dari Abu Hurairah r.a beliau berkata :

Rasulullah ditanya : Apakah para penghuni Surga melakukan hubungan seksual dengan isteri-isteri mereka ? Rasulullah menjawab : “Benar, mereka melakukannya dengan alat kelamin yang tak pernah kendur dan syahwat yang tak pernah berhenti.

Dalam hadist lain disebutkan :

Seorang mukmin di surga akan diberi kekuatan seratus orang” dan sesungguhnya penghuni surga apabila selesai melakukan hubungan suami istri, maka istri-istri mereka kembali perawan.

Leave a Comment