Ikan koki

18 Jenis Ikan Mas Koki Terbaik Buat Koleksi Serta Cara Perawatan Nya

Ikan Koki – Siapa yang tidak kenal dengan ikan Mas koki ? Cara merawat ikan mas koki atau cara memelihara ikan mas koki di bilang cukup mudah. Serta seluruh masyarakat indonesia mengenal ikan yang memiliki warna cerah ini. Ikan mas koki sangat terkenal di indonesia sebagai pengisi kolam dan akuarium hias.

Namun ternyata belakangan ini potensi ikan Mas sudah mulai merambah sebagai salah satu ikan konsumsi yang dapat di produksi massal. Ikan Mas pertama kali di perkenalkan oleh pedagang dari tiongkok pada tahun 1800-an sebelum akhirnya menyebar  luas di wilayah Nusantara.

Ikan Mas Koki Untuk Koleksi

Ikan Mas hampir dapat di budidaya kan di seluruh wilayah Indonesia yang memiliki Iklim tropis. Ikan Mas pada umum nya sangat cocok di budidaya kan di  ketinggian 150 meter sampai dengan 1000 meter di atas permukaan laut.

Suhu ideal air berkisar antara 20-25 Celcius . Seperti mahluk air lainnya, Ikan mas hanya bisa tumbuh dengan baik pada air dengan PH berkisar antara 7 sampai dengan 8. pada keadaan PH Yang terlalu asam, Ikan mas akan mati.

Bagaimana Cara Merawat Ikan Koki Agar Cepat Besar dan Sehat?

ikan mas koki

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan ketika kita ingin merawat ikan koki agar cepat besar dan tumbuh sehat. Sebagai contoh, yakni pemilihan pakan yang tepat dan cara pemberiannya yang sesuai takaran. Selain itu, pembuatan tempat tinggal yang nyaman untuk ikan koki juga harus diperhatikan, seperti bagaimana ukuran akuarium yang sesuai, bagaimana cara menjaga kualitas air agar selalu jernih.

  1. Kualitas air

    Air sebagai media hidup utama ikan koki memiliki peran paling penting dalam mempengaruhi kesehatan serta penampilan ikan. Tingkat keasaman air atau pH untuk merawat ikan koki sendiri idealnya berkisar antara 7.0 – 8.0 dan mereka tidak akan bertahan di lingkungan dengan pH dibawah 5.0 atau di atas 10.0.

    Untuk komposisi air, usahakan air yang dipakai bebas dari klorin yang lazim digunakan untuk disinfektan pada air olahan. Oleh karena itu, endapkan terlebih dahulu air yang yang akan digunakan atau bisa langsung menambahkan antiklorin. Jika menggunakan air alami, waspadai kemungkinan tercampurnya air dengan bahan pencemar seperti phenol, merkuri, minyak, kadmium, atau insektisida.

    Selain hal tersebut di atas, suhu juga menjadi faktor penting agar ikan koki dapat tumbuh sehat. Idealnya suhu untuk merawat ikan koki berkisar antara 20-25 derajat Celcius.

  2. Ukuran akuarium

    Volume ideal untuk satu ekor koki dewasa minimal sebanyak 38 liter air dan optimal sebanyak 56 liter. Jika kemudian ingin menambahkan jumlah ikan, maka tambahkan volume air sebanyak 38 liter per satu ikan koki dewasa.

    Perlu diketahui bahwa ukuran akuarium yang kecil akan meningkatkan kadar amonia dalam air secara cepat akibat dari kotoran-kotoran ikan yang lebih banyak dari jumlah air dalam akuarium. Selalu perhatikan tingkat kepadatan ikan dengan menggunakan rumus di atas agar ikan koki terhindar dari stres.

  3. Filter/Penyaring

    Merawat ikan mas koki mengharuskan kita untuk selalu menjaga kualitas air. Ikan koki akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit jika kualitas air sebagai media mereka hidup bersih dan jernih. Air yang jernih juga akan membuat ikan koki akan bebas berenang kesana kemari dengan aktif, yang tentu akan menambah keindahan saat dilihat.

    Filter atau penyaring menjadi sangat penting untuk dipasang di akuarium ikan koki milik kita. Jika tidak dipasang alat ini, akuarium akan dipenuhi kotoran, air menjadi keruh dan kadar amonia di dalam air akan meningkat tajam.

Terdapat 3 jenis filter yang ada di pasaran, yakni sebagai berikut.

ikan mas koki
Power Filter/Hang On Back Filter

Power Filter/Hang On Back Filter

Filter ini memiliki motor listrik yang menggerakkan sebuah kipas untuk menarik air dari akuarium menuju media filter yang ada di dalam kotak penyaring. Air yang sudah difilter kemudian dikembalikan ke dalam akuarium setelahnya sehingga disebut juga Power Filter. Alat filter yang sering dipasang di bagian belakang akuarium secara menggantung membuat filter ini juga disebut Hang On Back Filter/HOB Filter.

HOB Filter menerapkan tiga prinsip sistem filtrasi, yakni mekanis, karena air harus melewati media saringan terlebih dahulu; biologis, karena di dalam filter ada media pertumbuhan untuk bakteri; serta kimia karena di dalamnya ada karbon aktif yang terdapat di kartridge filter.

Keunggulan dari HOB Filter

  • Tidak mengurangi ruangan di akuarium sehingga membuat ruang gerak ikan lebih maksimal.
  • Pemeliharaan yang relatif mudah.
  • Akuarium terlihat lebih rapi karena filter berada di luar.
  • Filtrasi mekanis akan lebih optimal jika rajin dibersihkan
  • Kartridge bisa diganti jika mengalami kerusakan.

Kekurangan dari HOB Filter

  • Sering tersumbat karena kartridge penyaring yang relatif kecil.
  • Kadar oksigen sedikit karena ukuran media filtrasi yang kecil.
  • Perlu tambahan pompa udara dan aerator jika ingin menambah kadar oksigen dalam akuarium.
  • Jika kotak filter bocor, maka air akuarium akan terkuras habis.

Canister Filter

ikan mas koki
Canister Filter

Filter ini memiliki prinsip kerja yang mirip dengan HOB Filter yaitu dengan menarik sejumlah air di akuarium dan kemudian menyalurkannya ke media filtrasi yang terdapat di dalam kontainer filter. Jika air yang telah disaring sampai di bagian terbawah, maka air kemudian akan dipompa kembali ke akuarium.

Filter jenis ini lebih cocok untuk akuarium dengan jumlah populasi ikan koki yang banyak serta volume air yang besar. Hindari menggunakan filter ini ketika ikan masih kecil karena dikhawatirkan akan ikut tersedot ke dalam filter.

Keunggulan Canister Filter

  • Kinerja lebih baik karena media penyaringan lebih banyak dan lebih lebar dari HOB Filter.
  • Jumlah air yang tersaring lebih banyak karena media filter yang lebih lebar dan tentu akan menjaga kualitas air.
  • Kemampuan filtrasi biologis lebih bagus karena beberapa jenis filter ini ditambahkan kipas biologis/bio wheel sebagai tempat untuk koloni bakteri.

Kekurangan Canister Filter

  • Harga filter yang mahal sesuai dengan kemampuan filtrasi yang mumpuni.
  • Jika tak rutin dibersihkan akan membuat media filter penuh dan menyumbat aliran air. Lakukan pembersihan minimal sebulan satu kali.
  • Jika filter bocor maka akan membuat air di dalam akuarium terkuras habis.

Wet or Dry Filter

ikan mas koki
Wet or Dry Filter | http://www.lifereef.com/

Filter ini disebut juga sebagai filter tetes atau trickle filter. Dalam filter ini, sebagian dari media filter ditonjolkan ke udara terbuka sehingga menciptakan sisi filter yang kering/dry dan sebagian lagi terendam air sehingga tercipta sisi basah/wet.

Sisi kering diciptakan bertujuan untuk menambah tingkat efektifitas kinerja bakteri pengurai amonia karena kontak bakteri dan oksigen terjadi lebih baik di situasi tersebut.

4. Dekorasi Tangki

Hiasi akuarium ikan koki dengan aksesoris yang dapat digunakan ikan sebagai tempat untuk bersembunyi. Hindarilah menambahkan aksesoris dengan permukaan tajam, karena beresiko melukai ikan koki kita.

Tambahkan juga tumbuhan air karena selain untuk memperindah juga berguna untuk menekan kadar amonia, nitrat, dan nitrit di akuarium ikan. Dekorasi seperti kayu-kayuan juga perlu ditambahkan sebagai tempat berlindung ikan koki seperti habitat alaminya.

5. Pencahayaan

Gunakan lampu pijar redup untuk menghantarkan panas ke akuarium ikan koki. Nyalakan lampu tersebut selama kurang lebih 8-12 jam per harinya meniru secara alamiah siklus siang dan malam. Jangan gunakan lampu pijar biasa yang berwarna putih karena panas yang dihantarkan terlalu berlebih.

6. Makanan Ikan Koki

  • Pelet
ikan mas koki
Pelet ikan koki | budidaya-maskoki.blogspot.co.id

Pelet merupakan makanan yang mudah diberikan untuk ikan koki selain juga mudah untuk didapatkan. Pelet sendiri telah memiliki kandungan gizi lengkap karena komposisi daging dan tumbuhan yang ada di dalamnya. Pelet memang dapat merangsang pertumbuhan tubuh ikan dengan lebih cepat dari pakan yang lain.

Beberapa pelet bahkan memiliki fungsi khusus tersendiri seperti untuk meningkatkan kecerahan warna, merangsang pembentukan jambul, serta menggemukkan tubuh ikan koki.

Secara umum ada dua macam pelet yang dijual di pasaran, yakni pelet apung dan pelet tenggelam. Pelet apung cocok diberikan untuk ikan koki bersifat dorsal misalnya, demekin, orando, serta ryukin. Dan pelet tenggelam cocok untuk yang bersifat non-berdorsal seperti lionhead dan ranchu.

  • Cacing darah
ikan mas koki
Cacing darah beku | tokopedia.com

Cacing ini disebut juga bloodworm. Cacing jenis ini banyak mengandung nutrisi yang penting untuk pertumbuhan ikan koki, terutama lemak, protein, serta mineral. Sebagian penghobi menjadikan bloodworm sebagai pakan utama untuk ikan koki kesayangannya. Cacing darah bisa kita dapatkan langsung dari alam bebas atau membeli di toko ikan hias terdekat dalam kondisi beku.

  • Cacing sutera
ikan mas koki
Cacing sutera | kabbmu.blogspot.com

Berbentuk halus layaknya sutera sehingga dinamakan cacing sutera. Pemberian pakan ini memberikan efek merangsang pembentukan jambul. Selain itu, cacing sutera juga dapat mempercepat pertumbuhan tubuh ikan koki. Selalu bersihkan terlebih dahulu cacing sutera dengan air mengalir sebelum diberikan ke ikan koki.

  • Kutu air
ikan mas koki
Pakan sarat gizi untuk ikan koki | youtube.com

Ukurannya yang kecil tidak serta merta membuat pakan jenis ini minim gizi, justru malah sebaliknya. Kebutuhan pakan untuk ikan koki sehari-hari bahkan cukup dengan hanya memberikan kutu air. Mayoritas penghobi ikan memberikan kutu air kepada anakan ikan koki. Selalu usahakan memberi makan kutu air yang masih hidup untuk mendapatkan kadar nutrisi yang maksimal.

  • Sayuran

Selada bokor atau caisim bisa dijadikan makanan untuk ikan koki. Jika ikan koki mau makan sayur maka tak perlu diberi pelet lagi agar mau tidak mau harus memakan sayur yang diberikan. Jika masih ada sayuran yang tersisa, segera bersihkan keesokan harinya agar tidak mempengaruhi kualitas air.

Jenis Ikan Mas Koki yang Bagus Untuk Di Koleksi


ikan mas koki

18 Jenis Ikan Mas Terbaik Buat Koleksi – Ikan mas koki salah satu ikan pajangan yang sangat populer. Banyak penggemar Jenis ikan mas koki karena melihat tubuhnya yang aneh dan sulit di gambarkan sehingga banyak  orang mengatakan  sebagai fantastik !

Sebenarnya jenis ikan mas koki yang asli tidaklah semenarik ikan mas koi yang kita kenal sehari-hari. Ikan mas koki bentuk dasarnya tidak berbeda dengan ikan mas koki biasa. Daya tarik nya hanya terletak pada warna merah menyala yang membentang dari pangkal ekor sampai leher.

Tetapi, secara keseluruhan bentuk dan warnanya tidak berbeda dengan ikan mas pada umumnya. Ikan mas ini disebut juga dengan nama Goldfish.

Keistimewaan dari jenis ikan mas koki adalah bentuk strain nya yang jauh berbeda dengan ikan mas koki aslinya. Sampai sekarang ini, di negeri Cna telah banyak dihasilkan strain strain baru dari ikan mas koki ini.

Bahkan seorang ilmuwan dari Cina, yaitu Shisan Chen mengatakan bahwa sampai sekarang ada sekitar 126 strain baru yang benar-benar lain dari aslinya.

Dan memang negara Cina dan Jepang adalah dua negara yang paling getol menciptakan strain baru dari berbagai macam ikan mas koki.

Baca Juga Artikel yang Bersangkutan : 



18 Jenis Ikan Mas Koki Terbaik Buat Koleksi

1. Buble Eye/suihogan goldfish:

ikan mas koki

18 Jenis Ikan Mas Terbaik Buat Koleksi yang pertama adalah Spesies ikan mas koki unik yang berasal dari Cina ini punya mata yang menunjuk ke atas dan 2 kantung besar berisi cairan, ikan ini juga tidak punya sirip di punggunya, ikan mas ini bisa tumbuh 6 – 8 inchi.

2. Ranchu :

ikan mas koki

Ikan mas koki dengan tampilan yang tidak biasa ini disebut sebagai “Raja ikan mas” oleh orang Jepang. Ranchu adalah hasil percobaan perkimpoian silang yang berbeda dari Lionhead Cina.

Ikan ini tidak punya sirip atas, dan punya banyak warna seperti orange, white, red and white, blue, black, black and white, black and red. Ikan dengan jenis badan kuning pucat dan kepala merah sangat jarang dan langka.

 3.Butterfly tail/Jikin Goldfish:

ikan mas koki

Indah dan menggemaskan tetapi langka, Jikin hewan yang di dapati dari Jepang.

Ciri yang paling menonjol adalah ekor memiliki bentuk x, ekor kupu-kupunya memiliki panjang khas, berbentuk cerutu atau torpedo.

Tubuh yang putih dengan bibir, sirip dan insang merah. dapat tumbuh sampai  9 inci. Nama lain dari Jikin adalan ekor merak dan rokuri.

 4. Telescope Eye/Demekin Goldfish:

ikan mas koki

Spesies ini punya mata yang besar dan unik, Variasi ini berwarna merah, merah-putih, coklat, biru, lavender, cokelat-biru dan warna hitam.

Mereka mungkin juga kadang punya sisik metalik. Walau matanya besar, penglihatannya buruk dan lebih baik tidak dicampur 1 akuarium dengan jenis lain .

5. Oranda Goldfish:

ikan mas koki

Oranda, ikan mas koki unik dari Cina dan Jepang, dicirikan oleh tudung seperti raspberry dikepalanya.

Ikan mas koki ini sangat terkenal di seluruh dunia, dan punya badan bear dengan 4 ekor panjang.

6. Celestial Eya/Choten gan Goldfish:

ikan mas koki

Salah satu ikan mas koki aneh yang berasal dari Cina dan Korea. Mata ikan mas ini seperti mata ikan mas teleskop, tapi mengarah keatas.

Tubuh ikan ini berbentuk seperti torpedo, dan tidak punya sirip atas.

  7. Lionchu/Lionhead goldfish:

ikan mas koki

Ikan mas koki unik ini adalah ikan mas yang tidak memiliki sirip atas, ikan ini berasal dari Thailand dan hasil dari perkimpoian silang antara lionheads dan ranchus.

Memiliki tubuh yang besar, lebar dan melengkung ke belakang dan kepala yang besar.

8. Ryukin Goldfish:

ikan mas koki

Ikan mas koki berwarna cerah dan menarik dari Jepang ini punya sirip yang besar nya 2 kali panjang tubuh nya, moncong nya juga lancip dan punggung nya bungkuk.

Ryukin punya warna seperti merah marun, merah-putih, putih, metalik dan warna belacu.

Di akuarium yang bagus yang perawatannya ikan ini dapat mencapai hingga 8 inci atau 21 cm. Nama julukan lainnya adalah Ribbontail Jepang, Fringtail, Fantail atau Veiltail.

9. Calico/Nacreous Goldfish:

ikan mas koki

Ikan mas koki bernama Calico atau Nacreous ini punya percampuran sisik warna metalik dan transparan yang menimbulkan kesan mutiara.

Calico bisa tumbuh sampai 12 inci, coraknya terdiri dari bercak-bercak merah, kuning, abu-abu dan hitam bersama bercak gelap dan biru.

10. Pompom/Hanafusa Goldfish:

ikan mas koki

Hanafusa punya daging yang tumbuh seperti pompom di sekitar hidungnya, badannya seperti lionhead, tapi yang tumbuh adalah hidung nya, kadang malah ada daging yang tumbuh sampai melewati bawah rahang nya.

11.Chinsurin/Pearlscale Goldfish:

ikan mas koki

18 Jenis Ikan Mas Terbaik Buat Koleksi – Ikan mas  yang satu ini punya sisik berbintik-bintik dan berwarna mutiara, berasal dari Jepang dan dipanggil Chinsurin.

12. Common Goldfish:

Ikan Mas koki jenis Common Goldfish

Ikan mas biasa hanya berbeda dalam warna dari nenek moyang mereka, ikan mas Prusia. Ikan mas biasa datang dalam berbagai warna termasuk merah, oranye, emas, putih, hitam dan kuning.

13. Black Moor Goldfish:

ikan mas koki

The black moor adalah berbagai teleskop bermata ikan mas yang mewah yang memiliki karakteristik menonjol sepasang mata. Hal ini juga di sebut sebagai Popeye, teleskop, kuro demekian di jepang dan naga-mata di cina.

14. Comet Goldfish:

ikan mas koki

Ikan mas komet atau komet-tailed adalah ikan mas mewah yang paling umum di jumpai di Amerika Serikat. Hal ini mirip dengan ikan mas biasa, kecuali sedikit lebih kecil dan lebih ramping, dan terutama dibedakan oleh panjang ekornya, sangat cagak.

15. Fantail Goldfish:

ikan mas koki

Ikan mas Fantail adalah bentuk barat Ryukin dan memiliki tubuh berbentuk telur, sirip punggung tinggi, sirip ekor panjang emapat kali lipat, dan tidak ada gonggol bahu.

16. Shubunkin:

ikan mas koki

18 Jenis Ikan Mas Terbaik Buat Koleksi- Fancy dan Shubunkins Jepang hardy (“brokat merah”) memiliki ekor tunggal dengan skala nacreous, dan pola yang dikenal sebagai belacu.

 17. Panda Moor:

ikan mas koki

18 Jenis Ikan Mas Terbaik Buat Koleksi- Tegalan panda mewah memiliki pola warna hitam-putih karakteristik dan mata menonjol , serta ekor yang seperti sayap kupu-kupu .

 18. Veiltail:

ikan mas koki

The veiltail fancy dikenal yang ekstra panjang, mengalir ekor ganda. Veiltail standar modern memerlukan lekukan sedikit atau tanpa tapi trailing dari sirip ekor, seperti dalam pernikahan jilbab untuk pengantin

Itulah 18 ikan mas koki yang bagus yang dapat dijadikan koleksi, sekian dan terimakasih .

Note: Share apabila artikel ini bermanfaat !

3 thoughts on “18 Jenis Ikan Mas Koki Terbaik Buat Koleksi Serta Cara Perawatan Nya

Leave a Comment