Cara Membuat Squishy

Hallo pembaca setia Ahmadjr, kalian tau enggak apa itu squishy ? Terus bagaimana sih cara membuat squishy ini ? Sulit enggak yah ? Mungkin banyak yang belum tau tentang mainan yang satu ini. Kata “Squishy” sendiri berasal dari bahasa Inggris yang menggambarkan sesuatu yang membuat kita ingin meremasnya. Kalau di Indonesia squishy bisa dibilang sesuatu yang menggemaskan.

Mainan squishy ini biasanya terbuat dari bahan busa yang lembut dan empuk, ketika ditekan maka squishy akan mengkerut dan ketika dilepas akan kembali seperti bentuk yang semula. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai mainan anak ataupun mainan di kala sedang bosan ataupun kesal.


Apa Itu Squishy ?


Apa itu squishy
Apa itu squishy

Squishy adalah sebuah benda yang terbuat dari busa yang sangat lembut dan empuk. Seperti yang dijelaskan diatas tadi, squishy ketika di tekan akan mengkerut dan ketika dilepas akan kembali seperti bentuk semula.

Saat ini kebanyak squishy dijual belikan dalam bentuk gantungan kunci, entah itu untuk handphone ataupun tas. Sebagai gantungan tentunya squishy lebih dekat dengan sang pemilik sehingga selalu siap untuk diremas ketika bosan hehe ?

Bentuk dari squishy pun beraneka ragam namun tetap mempunyai kesamaan yaitu lucu menggemaskan. Keberagamannya mulai dari mirip es krim, boneka mini, buah, binatang, makanan, atau karakter kartun tertentu.

Yang cukup populer akhir-akhir ini adalah squishy yang dibuat mirip dengan roti, mulaid ari bentuk, warna bahkan aromanya. Tapi squishy bukan untuk dimakan yah, cukup di remas-remas aja hehe ?


1. Cara Membuat Squishy dari Spons


Cara Membuat Squishy dari Spons
Pinterest,.com

Nah kali ini kita akan membuat squishy dengan desain roti tawar dengan menggunakan spons. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara membuat squishy dari spons :

  • Spons atau busa yang biasanya digunakan untuk mencuci piring, busa make up dll.
  • Gunting yang akan digunakan untuk memotong.
  • Lem, bisa menggunakan lem silikon ataupun acrilic. Pokoknya lem yang tidak kaku pada saat kering.
  • Catnya bisa menggunakan Puffy Paint (cat timbul). Warnanya sesuai dengan selera yang kamu inginkan.
  • Kuas

Langkah Langkah Membuat Squishy dari Spons 

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan terlebih dahulu desain yang akan kamu buat. Sebagai pemula dan dengan alat yang terbatas, kita akan membentuk bentuk yang simpel saja, contohnya roti tawar. Nanti kita akan beri sedikit variasi pada karakternya.
  2. Setelah mendapatkan desain yang kamu inginkan, selanjutnya potong busa menjadi bentuk yang kamu inginkan. Gunakan lem untuk menggabungkan beberapa spons, tunggu sampai spons kering.
  3. Sebelum mengecat, pastikan spons dalam keadaan bersih dan tidak basah agar hasilnya nanti lebih menempel kuat dan merata. Sampai disini tentu tidak perlu banyak petunjuk yah, semua tergantung dengan kreatifitas yang kamu miliki.
  4. Setelah cat mengering, kamu tinggal tusukkan gantungan kunci pada busa dan beri lem agar melekat kuat.
  5. Squishy ala kamu telah selesai. Selamat mencoba !

Jika ingin lebih jelas, kamu bisa melihat video dibawah ini ?


2. Cara Membuat Squishy dengan Lem Fox


Nah kali ini kita akan membuat squishy dengan desain roti tawar dengan menggunakan lem fox. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara membuat squishy dengan lem fox :

Alat dan Bahan Membuat Squishy dengan Lem Fox

  • Spons yang sudah digunting berbentuk seperti roti tawar
  • Lem fox
  • Pewarna makanan
  • Air panas

Langkah Langkah Membuat Squishy dengan Lem Fox

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buat adonan terlebih dahulu dengan menggunakan lem fox dan dicampur air panas dengan perbandingan yang sama.
  2. Berikutnya tambahkan pewarna makanan sesuai selera yang kamu inginkan kedalam adonan.
  3. Kemudian aduk-aduk adonan sampai tercampur rata.
  4. Lalu oleskan ke permukaan spons berbentuk seperti irisan roti tawar sampai merata.
  5. Setelah selesai, lakukan penjemuran selama 3 sampai 8 jam hingga kering.
  6. Setelah kering, langkah selanjutnya adalah dengan meracik adonan untuk warna lain dalam hal ini kulit roti tawar. Jadi gunakanw arna coklat tua. Caranya membuat warnanya sama seperti cara diatas.
  7. Setelah jadi, oleskan dengan hati-hati pada bagian kulit roti tawar. Sebaiknya menggunakan kuas dengan ukuran kecil agar hasilnya rapih dan bagus.
  8. Jemur kembali sampai lapisan pewarnanya kering. Selesai sudah squishy ala kamu. Selamat mencoba !

Baca Juga :

[button-green url=”http://ahmadjr.com/acara-ulang-tahun/” target=”” position=””]20+ Hadiah Terbaik untuk orang tercinta (Pria &Wanita)[/button-green]


3. Cara Membuat Squishy dari Slime



4. Cara Membuat Squishy dari Clay


 

Nah itulah cara membuat squishy dengan barbagai bahan. Mulai dari cara membuat squsihy dengan spons, cara membuat squishy dengan lem fox, cara membuat squishy dengan slime, cara membuat squishy dengan clay dll. Semoga dapat bermanfaat.

” Jangan lupa untuk Share dan meninggalkan komentar yah “

Leave a Comment