November 27, 2016 Ahmadchels 0Comment

Cara Membuat karya tulis, Banyak orang yang beranggapan bahwa menulis itu sangat menbosankan.Sebab mereka ngerasa bahwa menulis itu merupakan suatu pekerjaan yang sia-sia. Akan tetapi mulai sekarang mari kita ubah pola pikir seperti itu sebab saya memiliki banyak tips untuk “cara membuat karya tulis” yang menarik sehingga anda semakin tertarik akan menulis.

Baca Juga :

 

Dalam hal tersebut saya akan membahas point penting dalam pembuatan karya tulis. Kadang kala kita sering kebingunggan bagaimana cara menulis sebuah karya tulis ? Hal tersebutlah yang membuat kita menjadi malas untuk menulis.Akan,tetapi mulai sekarang anda tidak perlu khawatir sebab saya memiliki solusi, saya akan memberi tahukan kepada anda bagaimana cara penulisan sebuah karya tulis yang baik dan benar.

Cara Membuat karya tulis
Langkah – langkah yang Harus di Perhatikan dalam Cara Membuat karya tulis

1.) Anda harus menentukan tema.
Cara Membuat karya tulis yang pertama adalah menentukan tema, Maksudnya ialah sebelum anda itu membuat sebuah karya tulis anda harus menentukan sebuah tema yang baik untuk di buat sebuah karya tulis. Sebaiknya tema yang anda buat harus manarik, unik, dan dapat dipahami oleh orang yang membacanya.

2.) Cara pembuatan halaman judul
Pembuatan halaman judul haruslah mengikuti aturan sesuai langkah-langkah nya.
Yaitu sebagai berikut :

  • Judul harus ditulis dengan menggunakan huruf kapital semua.Namun dapat pula ditulis hanya huruf depan pada kalimat saja( kecuali kata konjungsi).
    Apa bila judul karya tulis anda terlalu panjang anda harus menulisnya seperti piramida terbalik.
    contoh :

“UPAYA PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA DI INDONESIA”

  • Setalah penulisan judul sebaiknya anda menuliskan tujuan dari pada pembuatan karya tulis yang anda buat.
  • Selanjutnya Halaman judul, sebaiknya jangan dibuat berwarna, lebih baik dibuat hitam putih saja.

3.) Halaman pengesahan
Pada halaman ini anda harus mengisikan siapa saja orang yang akan mengesahkan karya tulis yang akan anda tulis nantinya.

4.) Kata pengantar
Hal yang harus anda isikan pada kata pengantar adalah seperti berikut
Ucapan syukur kepa Tuhan Yang Maha Esa kaena telah berhasil menyelesaikan karya tulis tersebut.

  • Gambaran singkat tentang tujuan dari penulisan karya tulis tersebut.
  • Ucapan terimakasih terhadap orang-orang yang telah membantu dalam menyelesaikan karya tulis tersebut.
  • Permohonan kepada para pembaca agar bersedia memberikan kritikan,saran,dan pendapat demi untuk perbaikan dari pada karya tulis tersebut.
  • Tanggal pembuatan karya tulis tersebu.(Biasanya terletak pada bagian paling bawah kanan dandiukuti oleh tandatangan penulis dibawahnya)lihat contoh.

5.) Daftar Isi
Daftar isi biasanya ditulis setelah pembuatan karya tulis selesai dibuat oleh penulis.

6.) Pendahuluan
Cara Membuat karya tulis yang terakhir adalah membuat pendahuluan, Hal-hal yang harus di isi pada bagian ini adalah sebagai berikut,yaitu:

Cara Membuat karya tulis
Isi Pendahuluan dalam Karangan Karya Tulis

1.BAB I

1.1 Latar Belakang
Pada latar belakang yang perlu kita tulis adalah hal-hal yang melatar belakangi penulis untuk membuat karya tulis tersebut.Biasanya hal yang pertama dibahas dalam latar belakang adalah hal yang bersifat universal setelah itu hal yang khusus mengenai apa nantinya yang akan kita bahas.

1.2 Rumusan Masalah
Rumusan masalah biasanya berbentuk pertanyaan,yang dimana pertanyaan tersebut yang nantinya akan kita bahas pada pokok pembahasan nantinya.

1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian berisi untuk apa penulisan karya tulis tersebut dilakukan oleh penulis.

1.4 Manfaat Penelitian
Berisikan mengenai manfaat dari pada penulisan karya tulis tersebut.Manfaat tersebut bisa buat penulis bisa juga buat para pembaca.

1.5 Ruang Lingkup Pembahasan
Manfaat dari pembatasan masalah ini agar pembahasan yang akan dibahas oleh penulis dapat dibatas.Agar nantinya pembahasannya tidak mengambang atau lari dari topik.

1.6 Ruang Sampel/Populasi
Ruang sampel /populasi merupakan seberapa banyak sampel yang akan kita teliti untuk bahan dalam penelitian kita.


2. BAB II

Pada bab ini berisikan akan hal-hal sebagai berikut,yaitu :

2.1 Landasan teori
Pada bagian ini seorang penulis harus membuat apa landasan yang ia gunakan untuk membuat suatu karya tulis tersebut.

2.2 Cara pengambilan data
Dalam hal ini apa cara /metode yang kita gunakan untuk mengumpulkan data tersebut.Metode yang digunakan biasanya metode pengamatan,wawancara,dll.

2.3 Pengelompokan data
Hal tersebut dilakukan untuk mengelompokkan data yang akan kita bahas nantinya pada bab pembahasan.

3. BAB III

Pada bab ini seorang akan membahas secara menyeluruh mengenai bahan apa yang akan penulis bahas.Yang kita bahas adalah mengenai apa yang telah kita tentukan pada rumusan masalah pada bab pendahuluan.

BAB IV

4.1 Kesimpulan
Pada bab ini seorang penulis akan menarik sebuah /beberapa kesimpulan dari apa yang telah ia kerjakan.Kesimpulan ini bertujuan agar kita mengetahui apa isi secara keseluruhan dari apa isi karya tulis tersebut.

4.2 Saran
Dalam hal tersebut seorang penulis akan memberikan beberapa saran kepada para pembaca agar para pembaca mungkin adapat melaksanakanya.

Nah,bagaimana sungguh mudah bukan membuat karya tulis? Itulah sedikit Penjelasan dari Cara Membuat karya tulis semoga bermanfaat untuk para pembaca, jangan lupa di share ya . Sekian dan terimakasih.

OK selamat mencoba…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *