Oktober 27, 2016 Ahmadchels 0Comment

Cara membuat hidroponik – Halo sobat, kali ini ahmadjr akan menjelaskan tentang pengertian, jenis dan cara membuat tanaman hidroponik. Mungkin sebagian besar dari kita sudah tahu apa itu hidroponik, namun tidak banyak yang mengetahui jenis serta cara pembuatannya. Berikut adalah penjelasan tentang Pengertian Hidroponik, silahkan menyimak dengan baik.

Pengetian dari Hidroponik

Hydro itu menurut istilah adalah air. Hidroponik merupakan cara menanam tanaman yang menggunakan metode air. Pengertian tanaman hidroponik yang lain yaitu menanam tumbuhan tanpa menggunakan tanah.

Dan secara sederhananya, hidroponik merupakan cara mengembangkan tanaman menggunakan air yang diperkaya dengan berbagai nutrisi. Dengan begitu, metode ini dapat mempermudah dalam mengendalikan hama dan pencahayaan.

Hidroponik merupakan salah satu metode penanaman yang ramah lingkungan, karena tidak memerlukan pestisida atau hebisida yang beracun. Hidroponik merupakan salah satu alternatif untuk mendapatkan sayuran dan buah-buahan di lahan terbatas.

Hidroponik sangat bagus sekali di iklim Indonesia. Bercocok tanam menggunakan metode hidroponik sangat tepat pada area lahan tanah yang kurang subur, sehingga memungkinkan menghasilkan tanaman yang memuaskan.

3 Metode Dalam Pembuatan Hidroponik

  • Hyroponic kultur agregat

Info Lengkap Tentang Pengertian, Jenis, dan Cara Membuat Hidroponik
faunadanflaura.com

Pengertian tanaman hidroponik dengan metode hydroponic kultur agregat yaitu menanam menggunakan media kerikil, pasir, arang, sekam padi dan bahan lainnya yang telah disterilkan.

  • Hydroponic Kultur Air

Info Lengkap Tentang Pengertian, Jenis, dan Cara Membuat Hidroponik
hidroponikdasar.blogspot.com

Metode yang kedua yakni dengan melakukan penanaman pada sebuah media dengan meletakan laruta hara mikro serta makro di bagian dasar. Hal ini dimaksudkan agar akar tanaman bisa menyerap juga menyentuh larutan penuh nutrisi tersebut.

  • Hydroponic Nutrient Film Technique (NFT)

Info Lengkap Tentang Pengertian, Jenis, dan Cara Membuat Hidroponik
mitalom.com

Metode ini dilakukan dengan cara menanamnya di selokan sempit juga panjang. media ini dibuat dengan menggunakan lempengan logam tipis yang anti karat. kemudian selokan ini akan diberikan nutrisi untuk tumbuhan lewat aliran air. Nantinya aakn timbul lapisan tipim (Film) di daerah akar tanaman, yang berfungsi sebagai makanan untuk tanaman tersebut.

Jenis-Jenis Tanaman Hidroponik

1. Selada

Info Lengkap Tentang Pengertian, Jenis, dan Cara Membuat Hidroponik

Daun selada adalah salah satu sayuran yang baik apabila ditanam dengan sistem hidroponik. Sayuran selada juga tidak membutuhkan perawatan yang terlalu rumit. dengan perawata yang baik walaupun tidak rumit selada dapat tumbuh subur dan bagus.

Pada saat bibit sayuran selada disemai, dalam waktu kurang dari dua minggu bibit akan tumbuh dua daun. Cepat bukan ? Jadi jangan lupa menanam sayuran selada dengan cara hidroponik.

2. Timun

Info Lengkap Tentang Pengertian, Jenis, dan Cara Membuat Hidroponik
youtube.com

Timun juga merupakan jenis tanaman hidroponik yang paling banyak ditanam oleh masyarakat . Namun perlu anda perhatikan bahwa timun lebih membutuhkan perhatian khusus dibandingkan sayuran selada.

Selain itu timun membutuhkan tempat yang lebih luas sehingga kita membutuhkan wadah yang lebih besar untuk menanam timun. Timun adalah sayuran yang populer dan banyak di sukai masyarakat.

Timun bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi jerawat serta dapat menghaluskan kulit, kemudian timun juga dapat diolah ke berbagai makanan seperti acar, asinan, dan lalapan.

3. Bayam

Info Lengkap Tentang Pengertian, Jenis, dan Cara Membuat Hidroponik
bibitbunga.com

Bayam juga merupakan sayuran hijau yang cock ditanam dengan sistem hidroponik. Bayam adalah jenis sayuran yang sangan disukai masyarakat sehingga sayuran ini menjadi pilihan banyak orang untuk di tanam.

Apalagi bagi anda yang ingin menanam nya sendiri di rumah, sebaiknya coba tanam bayam dengan sistem hidroponik. Bayam dapat diolah ke berbagai makanan seperti sup, keripik bayam, dan juga berbagai masakan lainnya yang pasti nya sangat lezat dan nikmat.

4. Sawi

Info Lengkap Tentang Pengertian, Jenis, dan Cara Membuat Hidroponik
bibitbunga.com

Jenis tanaman hidroponik selanjutnya adalah sayur sawi, sayur ini juga tidak kalah di gemari oleh para pecinta kuliner. Karena itu sayur ini dapat diaplikasikan keberbagai jenis makanan.

Menanam sawi dengan sistem hidroponik tidak memerlukan perawaan yang rumit sehingga sangat mudah menanam sawi menggunakan sistem hidroponik. Kami juga menyediakan Video cara membuat hidroponik sawi di bagian bawah artikel.

5. Kangkung

Info Lengkap Tentang Pengertian, Jenis, dan Cara Membuat Hidroponik
andri-wicaksono-farm.blogspot.com

Sayuran ini juga dapat hidup di air, ini juga sangat cocok di tanam dengan sistem diroponik. Kangkung juga banyak di gemari masyarakat karena rasanya yang lezat setelah diolah.

Kangkung juga memiliki manfaat yang sangat bagus untuk manusia, kangkung juga dapat membantu mengatasi susah tidur atau insomnia. Jadi tanamlah kangkung untuk anda yang sangat suka dengan sayuran ini .

6. Kaktus

Info Lengkap Tentang Pengertian, Jenis, dan Cara Membuat Hidroponik
infoagribisnis.com

Kaktus juga merupakan tanaman yang bisa ditanam dengan cara hidroponik. Kaktus adalah tanaman hias yang banyak dicari masyarakat karena kaktus memiliki keindahan tersendiri.

Kaktus memiliki banyak jenis dan juga warna. Namun perlu di ingat bahwa saat menanam kaktus sebaiknya gunakan kaktus yang masih kecil. Tanaman ini juga memerlukan perawatan khusus untuk mendapatkan keindahan dari tanaman itu sendiri.

7. Spider Plant

Info Lengkap Tentang Pengertian, Jenis, dan Cara Membuat Hidroponik
anekatanamanhias.blogspot.com

Jenis tanaman hidroponik selanjutnya adalah spider plant. Tanaman yang tergolong tanaman hias ini dapat ditanam dengan sistem hidroponik. Spiderplant adalah tanaman yang memiliki warna unik dan bentuk nya juga unik .

Spider juga merupakan jenis tanaman hias, jadi dapat anda gunakan untuk menghias rumah anda. Spider plant merupakan tanaman hias yang banyak dicari para pecinta tanaman hias .

8. Lidah Buaya

Info Lengkap Tentang Pengertian, Jenis, dan Cara Membuat Hidroponik
bebeja.com

Lidah buaya juga merupakan tanaman hias yang dapat ditanam dengan sistem hidroponik. Tanaman ini juga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk manusia seperti menjaga kesehatan rambut, dan juga dapat dijadikan atau diolah ke dalam bentuk makanan.

Lidah buaya juga merupakan tanaman hias yang bermanfaat untuk membersihkan udara yang ada di dalam ruangan dari berbagai polusi.

Cara Membuat Hidroponik

 

Bahan – bahan yang di Perlukan

  • Benih sawi/bisa menggunakan benih yang lain sesuai keinginan ( Sawi Lebih Mudah)
  • Air bersih
  • Botol bekas air mineral
  • Gunting/pisau
  • Rockwool
  • Arang sekam dan sabut kelapa
  • Nutrisi hidroponik
  • Sumbu dari kompor, kain bekas, kain Flannel atau kapas

Tahapan yang dilakukan dalam cara membuat tanaman hidroponik dan contohnya meliputi : pembibitan / penyemaian, pembuatan media tanam, penanaman, dan perawatan. Untuk Lebih Jelas nya, simaklah penjelasan berikut ini :

1. Pembibitan atau penyemaian

cara membuat hidroponik yang pertama kali adalah pembibitan. Benih terlebih dahulu perlu di semai, agar nantinya terlihat bibit mana yang bagus dan tidak cacat untuk kemudian ditanam. Penyemaian sebaiknya dengan media rockwool, karena bebas hama dan penyakit juga menyerap air dengan baik. Caranya yaitu :

  • Potong-potong rockwool lalu semailah 1-2 biji benih pada satu rockwool.
  • Basahi dengan air.
  • Letakkan pada nampan kemudian simpan di tempat gelap.
  • Tunggu hingga berkecambah.
  • Kemudian pindahkan ke tempat terang, namun tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Semprot rockwool dengan air pagi dan sore secukupnya.
  • Setelah berumur 2 minggu dan tumbuh daun tandanya siap dipindahkan ke media tanam.

2. Pembuatan Media Tanam

Potong botol bekas menjadi dua bagian atas dan bawah. Bagian atas tutup nya dilubangi secukupnya agar sumbu tidak lepas, dari sumbu inilah air nutrisi akan terserap ke atas untuk kemudian diserap oleh akar.

Setelah sumbu terpasang, isikan campuran arang sekam dan sabut kelapa ke dalam botol bagia atas, sedangkan bagian bawah beri nutrisi hidroponik cair sebanyak 2/3 bagian botol bawah. Setelah selesai, tinggal pasangkan botol bagian atas dan bawah dengan posisi botol menghadap ke bawah.

3. Penanaman

Setelah media tanam dan bibit sawi siap, pindahkan bibit dari tempat penyemaian dengan tanpa merusak akar sawi. Lubangi media tanam kurang lebih 1-2 cm kemudian tanam benih.

4. Perawatan

Tahapan terakhir dari cara membuat tanaman hidroponik adalah perawatan. Sawi tentu dapat berkembang dengan baik bila dirawat dengan benar, salah-salah tanaman sawi justru tidak berkembang dengan baik atau bahkan mati.

Tanaman perlu di tambahi cairan nutrisinya setiap hampir habis, bisa juga dengan di semprotkan pada tanaman . Cahaya matahari untuk sawi harus cukup tidak kurang dan tidak lebih. Setelah 60 hari sejak masa tanam, sawi sudah dapat anda panens hasil nya.

Bagaimana ? Sudah mengerti dari Penjelasan di atas ? Sudah tertarik menanam tanaman hidroponik ? Selamat mencoba . Apabila ada pertanyaan mengenai cara membuat hidroponik Bisa comment saja di bawah. Semoga bermanfaat untuk kita semua yang ingin memulai menanam tanaman hidroponik. Sekian dan termiakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *