November 28, 2016 Ahmadchels 0Comment

ATM PALSU -Menurut Bank Indonesia Kejahatan Perbankan masih di dominasi oleh sistem pembayaran secara konvensional seperti kartu ATM dan kartu kredit yang hilang di curi. Sekitar 48.5 % Kejahatan sistem pembayaran dilakukan konvensional dengan mencuri ATM, PIN, dan kartu identitas.

5 Tanda-tanda Mesin ATM palsu dan Mencurigakan

Anda bisa mengidentifikasi tanda-tanda mencurigakan ini untuk mencegah kejahatan dari mesin ATM dari tanda-tanda sebagai berikut :

1. Tampilan Mesin ATM yang Mencurigakan

Waspada ! Perhatikan 5 Tanda Mesin ATM Palsu Jika Anda Lengah Uang ATM Anda Akan Ludes

Sebelum bertransaksi di mesin ATM alangkah baiknya anda memeriksa bagian depan mesin ATM. Pelaku biasanya membuat tampilan dengan mesin ATM yang sangat mirip dan nasabahpun mudah tertipu. Nasabah yang tak hati-hati harus bersiap kehilangan uangnya.

Mesin ini bukan hanya merekam PIN anda tapi juga mengambil uang yang keluar dari mesin karena menyangkut. Waspadai perubahan fisik atau penambahan perangkat baru yang tidak biasa.

2. Slot Kartu ATM

slot-atm-aneh

Pencurian uang melalui mesin ATM ini juga memanipulasi alat untuk memasukan kartu ATM, mereka sengaja memasang alat ini untuk menyalin data kartu ATM anda.

Periksalah di sekeliling slot kartu ATM waspadalah jika anda dapat melihat Sisa lem, kabel terbuka, atau potongan dobeltip berarti mesin ATM itu palsu.

3. Waspada Jika Kartu Tertelan dan Mesin Tiba-tiba meminta PIN

Waspada ! Perhatikan 5 Tanda Mesin ATM Palsu Jika Anda Lengah Uang ATM Anda Akan Ludes

Penjahat juga menggunakan alat plastik yang sengaja di taruh di mesin pembaca kartu, saat anda akan menarik uang yang ada di karu anda yang ada karu anda akan terjebak di dalam mesin. Lantas mesin ATM akan meminta anda untuk memasukan PIN ATM.

Lebih baik anda meninggalkan kartu anda di dalam mesin anda di dalam mesin dan membiarkan kartu ATM anda diambil pencuri dari pada memberikan PIN ATM. Dan segeralah melapor ke pihak yang terkait.

4. Tombol ATM Terasa Aneh

Waspada ! Perhatikan 5 Tanda Mesin ATM Palsu Jika Anda Lengah Uang ATM Anda Akan Ludes

Biasanya tombol di mesin ATM itu keras, kalo terasa tipis, longgar, dan lembut bisa jadi itu tombol mesin ATM palsu yang sengaja di pasang untuk mencatat nomer PIN kartu. Jika anda menekan PIN ATM dengan tombol itu maka nomer PIN anda akan terkirim ke pencuri melalui sambungan Wifi.

5. Orang yang Mengantri di ATM

Waspada ! Perhatikan 5 Tanda Mesin ATM Palsu Jika Anda Lengah Uang ATM Anda Akan Ludes

Andapun harus lebih waspada dengan lingkungan sekitar mesin ATM, terlebih orang yang ikut mengantri di belakang anda. Kalau kartu ATM anda terjebak jangan terima tawaran bantuan dari orang lain, bisa jadi itu adalah penjahat yang mencoba mencuri uang anda lewat mesin ATM. Jika anda menerima bantuan itu maka dengan mudah pencuri itu bisa mengetahui PIN anda.

Sekian dari saya semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua, sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada rekan-rekan yang membagikan artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *