apa itu makar

Apa Itu Makar ? Penjelasan Lengkap Arti Kata dari Makar

Apa Itu Makar ? – Baru-baru ini Kita Sering Mendengar kata-kata ini entah dari TV, Radio, Koran, ataupun internet. Sering terjadi beberapa kasus dengan topik “Makar” Namun Kita masih bingung dengan arti dari makar itu sendiri. Oleh sebab itu kali ini saya akan mengupas tuntas tentang pengertian dari makar menurut beberapa tokoh terkemuka.

Apa itu Makar ?

Makar adalah suatu tindak pidana yang dikategorikan kejahatan yang dalam perspektif hukum islam disebut dengan jarimah atau jinayat yaitu berbagai larangan hukum yang diberikan allah swt, secara singkatnya makar bisa dikatakan tindakan jahat yang dilarang oleh syariat. Makar juga bisa disebut akal busuk atau tipu muslihat yang dilakukan seseorang dengan niat jahat atau mencelakai orang lain atau golongan tertentu.

1. Makar Menurut KBBI

apa itu makar ? Berikut ini arti makar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.

makar1 = akal busuk; tipu muslihat: segala — nya itu sudah diketahui lawannya; 2 perbuatan (usaha) dengan maksud hendak menyerang (membunuh) orang, dan sebagainya: karena — menghilangkan nyawa seseorang, ia dihukum; 3 perbuatan (usaha) menjatuhkan pemerintah yang sah: ia dituduh melakukan.

2. Makar Menurut KUHP

 

 

  • Pasal 107 KUHP Kejahatan Terhadap Keamanan Negara

(1) Makar dengan maksud untuk menggulingkan pemerintah, diancam dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun.
(2) Para pemimpin dan pengatur makar tersebbut dalam ayat 1, diancam dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama dua puluh tahun.

  • Pasal 107 a (UU No.27/99)

Barangsiapa yang secara melawan hukum di muka umum dengan lisan, tulisan dan atau melalui media apa pun, menyebarkan atau mengembangkan ajaran Komunisme/Marxisme-Leninisme dalam segala bentuk dan perwujudannya dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun.

  • Pasal 107 b (UU No.27/99)

Barangsiapa yang secara melawan hukum di muka umum dengan lisan, tulisan dan atau melalui media apa pun, menyatakan keinginan untuk meniadakan atau mengganti Pancasila seagal dasar negara yang berakibat timbulnya kerusuhan dalam masyarakat, atau menimbulkan korban jiwa atau kerugian harta benda, dipidana dengan pidana penjara paling lama 20 (dua puluh) tahun.

  • Pasal 107 c (UU No.27/99)

Barang siapa yang secara melawan hukum di muka umum. dengan lisan, tullsan dan atau metalui media apa pun, menyebarkan atau mengembangkan ajaran Komunisme/Marxisme-Leninisme yang berakibat timbulnya kerusuhan dalam masyarakat, atau berakibat timbulnya kerusuhan dalam masyarakat, atau menimbulkan korban jiwa atau kerugian harta benda, dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima betas) tahun.

  • Pasal 107 d (UU No.27/99)

Barangsiapa yang secara melawan hukum di muka umum dengan lisan, tulisan dan atau melalui media apapun, menyebarkan atau mengembangkan ajaran Komunisme/Marx isme Leninisme dengan maksud mengubah atau mengganti Pancasila sebagai dasar negara, dipidana dengan pidana penjara paling lama 20 (dua puluh) tahun.Pasal

  • Pasal 107 e (UU No.27/99)

Dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun:
a. barangsiapa yang mendirikan organisasi yang diketahui atau patut diduga menganut ajaran Komunisme/Marxisme-Leninisme atau dalam segala bentuk dan perwujudannya; atau
b.  barangsiapa yang mengadakan hubungan dengan atau memberikan bantuan kepada organisasi, baik di dalam maupun di luar negeri, yang diketahuinya berasaskan ajaran Komunisme/Marxisme Leninisme atau dalam segala bentuk dan perwujudannya dengan maksud mengubah dasar negara atau menggulingkan Pemerintah yang sah.

  • Pasal 107 f (UU No.27/99)

Dipidana karena sobotase dengan pidana penjara seumur hidup atau paling lama 20 (dua puluh) tahun:
a.  barangsiapa yang secara melawan hukum merusak, membuat tidak dapat dipakai, menghancurkan, atau memusnahkan instlasi negara atau militer; atau
b.  barangsiapa yang secara melawan hukum menghalangi atau menggagalkan pengadaan atau d1stribusi bahan pokok yang menguasal hajat hidup orang banyak sesuai dengan kebijakan Pemerintah.
Keyword, tersangka makar, apa itu pasal makar, upaya makar, makar itu apa, pengertian makar dalam KUHP, contoh makar

3. Makar Menurut Pandangan Islam

 

 

apa itu makar ? Makar Menurut pandangan  Islam adalah Al-Baghyu menurut bahasa adalah mencari, menghendaki, menginginkan, melampaui batas, zalim. Sedangkan menurut istilah Al-Baghyu adalah keluarnya seseorang dari ketaatan kepada imam yang sah tanpa alasan. Kata al-baghyu artinya dzalim atau aniaya. Sedangkan kata al-baaghy menurut istilah ulama adalah orang yang menentang pemerintah yang adil dan tidak mau melaksanakan apa yang menjadi kewajibannya.

Jarimah mengenai jinayah perbuatan makar atau al-baghyu telah diatur dalam nash baik Al-Quran maupun sunnah. Selain telah diatur dalam hukum pidana Islam perbuatan ini pun telah dibahas dalam regulasi pemerintahan Indonesia yang biasa disebut dalam Undang-undang sebagai kejahatan terorisme.

Contoh Makar

Dalam suatu perusahaan ada seorang karyawan yang rajin dan berprestasi, setiap tahun jabatannya naik, sehingga membuat rekan kerja diatasnya merasa gelisah takut akan di geser posisinya, maka rekan kerja tadi membuat makar bagaimana supaya karyawan berprestasi ini celaka atau menurun prestasinya.

Motif nya bisa berbagai macam, bisa dengan menuduhnya mencuri dengan menaruh barang orang lain di mejanya, atau bisa juga dengan membuatnya terlambat rapat atau bekerja, popkoknya makarnya bisa berbagai macam.

 Baca Juga : 

 

[button-green url=”http://ahmadjr.com/syiah-sudah-masuk-ke-indonesia/” target=”” position=””]Apa Itu Syiah ? Kenali Ciri-ciri nya Sebagai Berikut .  [/button-green]

Kasus Makar Ahmad Dhani 

Sehari sebelum penangkapan, Ahmad Dhani dan sejumlah tokoh tersebut yang tergabung dalam Gerakan Selamatkan NKRI menggelar jumpa pers di Hotel Sari Pan Pacific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Saat itu, Dhani memastikan dirinya tak akan ikut bergabung dalam aksi damai 212 yang dilakukan di Monas pada 2 Desember 2016.

“Saya kemungkinan besar tidak ikut aksi di Monas. Karena saya mau salat Jumat di Masjid,” kata Ahmad Dhani di Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Lantas seperti apa saja fakta-fakta terkait penangkapan Ahmad Dhani atas dugaan makar? Berikut ini Ahmadjr.com merangkumkan khusus untuk Anda.

1. Ditangkap di Hotel Sari Pan Pacific

 

apa itu makar – Ahmad Dhani ditangkap oleh pihak kepolisian di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta Pusat pada 2 Desember 2016. Musisi kelahiran 26 Mei 1972 ini ditangkap pihak kepolisian untuk dimintai keterangan lebih lanjut terkait isu makar pada demo 2 Desember 2016.

2. Sempat Berkicau Sebelum Ditangkap

 

Sebelum ditangkap, Ahmad Dhani sempat berkicau di Twitter. Bos Republik Cinta Management ini menuliskan bahwa ada orang yang mengaku dari Polda mendatanginya ke kamar hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat.

3. Tak Didampingi oleh Mulan Jameela

 

Saat Ahmad Dhani ditangkap oleh pihak kepolisian, Mulan Jameela sedang berada di Bandung dan belum mendengar kabar jika sang suami suami ditangkap polisi. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Mira, manager dari Mulan Jameela melalui sambungan telepon. “Waduh, kurang tahu. Soalnya sekarang lagi ada event di Bandung, ini aku lagi sama Mulan,” ungkap Mira saat dihubungi awak media, Jumat (2/12/2016).

4. Projo Batalkan Perdamaian

 

Projo dan LRJ (Laskar Rakyat Jokowi) merencanakan untuk menggelar jumpa pers terkait kasus dugaan penghinaan terhadap Presiden Jokowi yang dilakukan Ahmad Dhani pada demo 4 November lalu. Acara sedianya akan digelar di kantor DPP Projo di bilangan Pancoran Jakarta Selatan, Sabtu (3/12/2016).

Sayangnya, tak berapa lama dari undangan tersebut rilis, kalangan wartawan mendapat rilis baru yang menyatakan agenda dibatalkan. Dalam keterangannya, Projo dan LRJ menegaskan tidak ada niat baik dari Ahmad Dhani membuat mereka urung melakukan perdamaian esok hari.

5. Mulan Jameela Sambangi Mako Brimob

 

Apa itu makar- Ahmad Dhani diciduk bersama beberapa orang di antaranya Ratna Sarumpaet, Rachmawati Soekarnoputri, Kivlan Zein, dan lainnya. Mereka dibawa ke Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Terkait penangkapan ini, Mulan Jameela, istri Ahmad Dhani terlihat di markas Brimob tersebut. Ia tak mengatakan suatu apa kala meninggalkan Mako Brimob dengan mobilnya. Sementara awak media hanya diperbolehkan berada di depan Mako Brimob dengan penjagaan ketat.

Leave a Comment