Oktober 12, 2016 Ahmadchels 1Comment

Daun Salam biasanya menjadi salah satu bumbu penyedap bagi masakan. Daun salam biasanya dicampurkan pada masakan dalam bentuk kering ataupun masih segar. Kali ini saya akan menjelaskan 16 manfaat yang terkandung dari daun salam.

Daun Salam memang menjadi teman dapur bagi ibu rumah-rumah tangga, namun daun salam merupakan tanaman herbal yang mampu memberikan manfaat bagi kesehatan sebagai tanaman obat.

Beragam manfaat ini sayangnya sering diabaikan oleh kebanyakan orang. Padahal, dengan manfaat ini bisa jadi perantara penyembuhan penyakit yang sedang kita derita. Apa saja sih 16 Manfaat Yang Terkandung dari Daun Salam ? Berikut adalah penjelasannya.

A. 16 Manfaat Yang Terkandung dari Daun Salam

Kegunaan daun salam dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit dibawah ini. Tentu saja ini berita bagus terutama bagi yang anti dengan terlalu banyak obat-obatan kimiawi. Tapi, tentu tidak semua penyakit bisa diberantas dengan daun salam.

Oleh karena itulah, kita perlu mencermati dan mengamati apa-apa saja jenis penyakit yang bisa menggunakan daun salam sebagai media penyembuhan nya. Berikut di bawah ini beberapa penyakit yang bisa di atasi dengan menggunakan daun salam, mari kita cermati bersama-sama.

1. Menurunkan dan menyembuhkan kolesterol

16 Manfaat Yang Terkandung dari Daun Salam
caramenurunkankolesterol.com

16 Manfaat Yang Terkandung dari Daun Salam yang pertama adalah menyembuhkan Kolesterol. Berhati-hatilah dengan penyakit kolesterol, karena kolesterol  akan membuat beragam penyakit susulan datang dan menggerogoti kesehatan kita? Lalu bagaimana menyembuhkan kolesterol ? Daun salam ternyata manjur untuk membantu menurunkan kolesterol loh.

Daun salam dapat digunakan dengan cara direbus, air rebusan menggunakan 3 gelas air yang direbus hingga menjadi 1 gelas air saja. Jumlah daun salam yang digunakan antara 10 sampai 15 lembar. Minum rebusan daun salam ini 2 kali sehari. Niscaya penyakit kolesterol akan lari dari hidup kita.

2. Khasiat daun Salam Untuk Mencegah Kencing Manis

Manfaat daun salam telah terbukti efektif untuk mengobati diabetes tipe 2 menurunkan glukosa darah, kolesterol dan trigliserida. Untuk hasil yang maksimal, daun salam bubuk dapat dikonsumsi selama 30 hari.

Antioksidan pada daun salam memungkinkan tubuh untuk memproses insulin yang efisien, sehingga baik untuk penderita diabetes dan orang yang mengalami resistensi insulin.

Kencing manis adalah penyakit yang menjadi pembukaan dari diabetes. Atau bisa juga diabetes baru kencing manis. Penyakit akibat asupan gula ini ternyata sanggup di netralisir dengan daun salam. Caranya adalah dengan meminum rebusan daun salam secara rutin.

3. Mengobati Sakit Mata

Mata merupakan pelita kehidupan. Banyak orang yang sangat berhati-hati dengan perihal mata. Berbagai penyakit tentang mata bisa sangat mengganggu diri kita. Salah satunya adalah sakit mata.

Bagi kita yang terlanjur terkena penyakit sakit mata, bisa mencoba menyembuhkannya dengan cara mengoleskan air rebusan daun salam ke mata kita. Terus lakukan ini hingga mata kembali normal alias sembuh.

4. Menurunkan Asam Urat

16 Manfaat Yang Terkandung dari Daun Salam
Penyakitasamurat.com

Asam urat juga termaksud 16 Manfaat Yang Terkandung dari Daun Salam . Penyakit asam urat adalah penyakit yang sangat menyiksa. Di samping rasanya yang nyeri, penyakit ini juga mengganggu pekerjaan harian kita karena sakitnya itu.

Kandungan zat purin pada tubuh dapat bertumpuk dan menyebabkan gejala asam urat. Kita dapat mengambil manfaat daun salam untuk mengurangi asam urat.

Daun salam kering sejumlah 10 lembar cukup direbus dengan 10 gelas air. Rebus sejumlah air tersebut hingga susut menjadi 7 gelas saja lalu minum secara rutin 2 kali sehari.

5. Meredakan Maag Akut

Penyakit kantong nasi alias maag bisa menjadi gangguan yang sangat lumayan. Maag akut bisa mengganggu kegiatan sehari-hari bahkan opname bisa menunggu kita! Cara yang cukup ampuh meredakan nya adalah dengan merebus 15-20 lembar daun salam dengan ½ liter air.

Tunggu hingga berkurang airnya, lalu tambahkan gula aren. Penambahan gula aren ini tidak mengurangi khasiat daun salam . Jadi, beruntunglah ada rasa manis dalam rebusan yang dibuat. Lalu, rebusan daun salam siap diminum. Meminum nya secara rutin. Lambat laun, maag akut akan mereda.

6. Menyembuhkan Gangguan Pencernaan

16 Manfaat Yang Terkandung dari Daun Salam
informasi-pendidikan.com

Pencernaan sangat penting untuk proses mendapatkan energi di kehidupan kita sehari-hari. Gangguan pencernaan berarti gangguan tentang penyerapan sari-sari makanan. Bisa jadi kesalahan berasal dari makanan itu sendiri. Gangguan pencernaan antara lain: sembelit dan diare.

Keduanya sangat menyiksa. Tapi tidak tatkala meminum rebusan daun salam. Rebusan daun salam yang sudah susut diberikan sedikit garam. Setelahnya, minum saat diare atau sembelit menyerang pencernaan kita. Niscaya pencernaan akan lebih enak dan penyakit tersebut lambat laun sirna juga.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi (hipertensi) adalah penyakit yang berbahaya karena pola makan, kegiatan, dan juga emosi harus sangat dijaga. Sayangnya, semua itu hanya penjagaan untuk kehidupan sehari-hari saja namun tidak ada yang bisa signifikan.

Alhasil, banyak orang beralih dengan meminum beragam ramuan kimia yang belum tentu baik untuk kesehatan juga dalam jangka panjang. Penggunaan daun salam bisa diterapkan. Caranya adalah dengan meminum rebusan daun salam.

Rebusan daun salam digunakan dengan mencampurkan 7 hingga 10 lembar daun salam dengan 3 gelas air. Susutkan air hingga 1 gelas saja. Lalu, minum ½ gelas sekali minum. Lakukan rutinitas 2 kali sehari dalam minum rebusan daun salam ini.

8. Mempengaruhi Kardiovaskuler

Senyawa yang berharga seperti rutin, salisilat, asam caffeic dan fitonutrien yang kuat dalam daun salam, dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah stroke.

Flavanoid  membantu menormalkan darah pada penderita hipertensi. 10 lembar daun salam di cuci bersih, kemudian rebus daun salam dengan tiga gelas air. Minum selagi hangat satu kali dalam sehari.

9. Meredakan Rasa Sakit

Minyak yang diekstrak dari daun salam mengandung sifat anti inflamasi yang akan mengurangi rasa sakit akibat keseleo, strain, arthritis, rematik serta nyeri. Minyak daun salam dapat membantu meringankan migrain dan sakit kepala.

Daun salam juga akan meningkatkan sirkulasi darah. Dalam kasus nyeri sendi, daun salam tanah dan daun jarak yang diikatkan pada daerah sekitar sendi yang meradang, akan mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

10. Pencegahan Kanker

16 Manfaat Yang Terkandung dari Daun Salam
palingseru.com

Dari 16 Manfaat Yang Terkandung dari Daun Salam Kanker merupakan yang terpenting, karena kanker merupakan penyakit mematikan nomor 2 di dunia . Daun salam mengandung asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin yang memiliki sifat perlindungan dan memberikan perlawanan terhadap berbagai jenis kanker.

Daun salam juga salam mengandung phytonutrient yang disebut parthenolide dan telah terbukti secara khusus menahan proliferasi sel kanker serviks.

11. Pengobatan Batuk

Daun salam yang efektif memerangi gejala pilek, flu dan infeksi. Dalam kasus gangguan pernafasan, rebus air dan tambahkan 2 sampai 3 lembar daun salam. Biarkan menguap selama 10 menit. Rendam kain dalam air ini dan letakkan di dada untuk meringankan flu, pilek dan batuk.

12. Pengusir Serangga

16 Manfaat Yang Terkandung dari Daun Salam
Ngapainaja.com

Daun salam adalah obat nyamuk alami yang dengan kandungan asam laurat. Hidangan dari daun salam akan mengusir serangga. Minyak dari ekstrak daun salam yang dioleskan, akan mengurangi sengatan dan gigitan serangga.

13. Pengobatan Gangguan Ginjal

Daun salam akan membantu mengobati infeksi ginjal, bahkan batu ginjal. Resep pengobatan ini hanya dengan mendidihkan 5 gram daun salam dan 200 ml air sampai 50 ml air. Saring dan minum ramuan ini dua kali sehari, untuk menghentikan pembentukan batu ginjal.

14. Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe

Air bilasan yang terbuat dari daun salam, efektif dalam mengobati ketombe. Daun salam dianggap sebagai obat yang bagus untuk rambut rontok. Minyak daun salam berguna sebagai tonik untuk rambut yang efektif memerangi ketombe dan rambut rontok.

15. Menyingkirkan Kutu Rambut

Untuk menyingkirkan kutu rambut, rebus sekitar 50 gram daun salam dengan 400 ml air sampai 100 ml air. Saring air untuk menerapkan ramuan ini pada akar rambut. Biarkan selama 3 sampai 4 jam dan bersihkan, untuk menyingkirkan kutu kepala secara efektif.

16. Meredakan Kulit Stress

16 Manfaat Yang Terkandung dari Daun Salam

 

Daun salam akan membantu mengatasi kulit stres, sehingga mencegah terjadinya kulit keriput. Caranya : didihkan 5 daun salam kering dengan 2 gelas air dengan wadah tertutup.Kemudian buka tutup nya dan biarkan mendidih sekitar 2 menit. Sekarang tuangkan minuman ke dalam mangkuk besar dan menutupi kepala Anda dengan handuk, menghirup uap ini.

Penggunaan daun salam di atas rata-rata dengan cara merebus dan meminum air rebusan setelah air rebusan tersebut cukup dingin. Cara lainnya adalah dengan cara mengusapkan air rebusan. Cara-cara ini sangat alami dan mudah diterapkan. Bagaimana? Banyak juga kan manfaat daun salam untuk kesehatan kita. Ini semua sayangnya banyak yang tidak mengetahui dan mengabaikannya.

Kebanyakan orang hanya fokus menggunakan manfaat daun salam untuk masakan saja. Tentu ini tidak salah. Tapi apabila dengan sedikit pengetahuan dan pemahaman, daun salam bisa jadi obat tradisional yang efektif menggantikan ketergantungan terhadap obat-obatan kimiawi.

Bisa juga dijadikan semacam kombinasi  untuk menumpas semua, sebagian, atau salah satu dari ketujuh penyakit di atas. Harga daun salam juga tergolong sangat murah. Bumbu lengkap di pasar pun siap sedia memberikan beberapa lembar daun salam.

B. Manfaat Daun Sereh

  1. Kolesterol Sehat
  2. Menyembuhkan Insomnia
  3. Ganguan Pernapasan
  4. Mengatasi Demam
  5. Mengatasi infeksi
  6. Mengurangi Nyeri
  7. Sistem saraf
  8. Diabetes tipe 2
  9. Rematik
  10. Sistem Kekebalan tubuh
  11. Perawatan Kulit
  12. Kesehatan Kulit
  13. Kesehatan seluler tubuh
  14. Aromaterapi
  15. Obesitas
  16. Menghilangkan Bau badan
  17. Penggunaan Kuliner

Bagaiamana? Mau mencoba terapi herbal dengan daun salam? Sebaiknya dicoba deh. Selain lebih murah, hal ini juga lebih aman untuk kesehatan kita dalam jangka panjang, Terimakasih telah melihat 16 Manfaat Yang Terkandung dari Daun Salam share apabila artikel ini bermanfaat menurut anda , Sekian dan Terima Kasih .

 

One thought on “16 Manfaat Yang Terkandung dari Daun Salam dan Sereh

  1. Dulu Saya memiliki penyakit asam urat setelah mencoba daun salam ternyata terbukti ya manfaat dan khasiat nya, sekarang akhir nya saya sembuh dari asam urat .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *